UPI Serang Ajak Masyarakat Bersihkan Sungai

SERANG, (KB).- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Serang mengajak masyarakat untuk ikut serta pada Program Kali Bersih (Prokasih). Hal tersebut disampaikan Direktur UPI Kampus Serang, Herli saat ditemui di ruang kerja, Jumat (4/1/2019).

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk terlibat membersihkan Sungai Cibanten. Kami pun sebelumnya sudah melakukan hal tersebut pada Desember 2018. Mari sama-sama untuk bersinergi membersihkan Sungai Cibanten,” kata Herli kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, pihaknya ingin sungai di Kota Serang bersih dari sampah salah satunya dengan membersihkan Sungai Cibanten. Walaupun tugas tersebut harusnya dilakukan oleh instansi terkait, tapi sebagai akademisi tentu kegiatan tersebut menjadi bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kami ingin masyarakat untuk berpartisipasi menjadi relawan membersihkan kali. Program tersebut akan sukses dengan adanya partisipasi dari berbagai pihak. Mari bersama-sama menghidupkan sumber air yang menghidupi kita,” ujarnya.

Menurut dia, pembersihan sungai tersebut akan dimulai Januari hingga Juni 2019. Nantinya pihaknya akan memasang tempat sampah untuk warga, agar tidak membuang sampah ke sungai.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan RW setempat, untuk berpartisipasi membersihkan sungai. Siapa saja boleh ikut tidak hanya masyarakat, relawan peduli lingkungan bisa ikut. Ke depan mudah-mudahan pihak-pihak terkait bisa mendukung program tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, Koordinator Relawan Prokasih UPI Kampus Serang, Mia Komariah mengatakan, dengan menjadi relawan Prokasih akan menjalin persahabatan dengan relawan atau keepers tingkat dunia. Seperti Charles River Watershed Association, New York International River Organization Brisbane, London Australia Water Association, Yarra River Keeper Melbourne Australia.

“Mari bergabung bersama-sama untuk menjadi relawan peduli lingkungan. Terutama untuk kebersihan Sungai Cibanten. Kegiatan tersebut sebagai pengabdian kepada masyarakat dan silaturahim dengan masyarakat dunia,” tuturnya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here