UPI Kampus Serang Selenggarakan Sistem Pembelajaran Daring

SERANG, (KB).- Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mendorong perguruan tinggi untuk memanfaatkan teknologi dengan menerapkan sistem pembelajaran daring sehingga mahasiswa tak perlu lagi masuk kelas atau datang ke kampus. Hal tersebut diterapkan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Serang dengan menyelenggarakan Sistem Pembelajaran Online Terpadu (SPOT).

Direktur UPI kampus Serang, Herli Salim mengatakan, pihaknya setuju dan mendukung Menristekdikti dalam memaksimalkan penggunaan teknologi dalam proses perkuliahan diluar kelas, hal ini sesuai dengan perkembangan industri 4.0. Kita harus cepat menyesuaikan diri dengan perubahan ini. Dengan teknologi, perkuliahan bisa dilaksanakan secara online dan tidak lagi berada di dalam kelas.

“UPI sudah menyelenggarakan Sistem Pembelajaran Online Terpadu (SPOT), mahasiswa bisa mengakses dari mana saja tanpa perlu berada di dalam kelas, sistem pembelajaran tersebut juga dilakukan tatap muka,” katanya kepada Kabar Banten, Senin(12/11/2018).

Ia mengatakan, SPOT memfasilitasi pembelajaran dengan jarak jauh, mandiri dan fleksibel, kata terpadu sistem ini sudah terintergrasi dengan Sistem Informasi Akademik (SIAK), aplikasi ini juga mengacu pada kurikulum UPI. “SPOT ini memiliki akses, sistem ini sudah dilengkapi beberapa fitur utama, yakni login, dashboard, masukan materi, masukan tugas, daftar mahasiswa, daftar dosen dan forum,” katanya.

Dengan adanya sistem e-learning, proses belajar online tanpa tatap muka antar dosen dan mahasiswa bisa dilakukan. “Manfaat e-learning memberikan kenyamanan dan kemudahaan dalam proses belajar mengajar. Perkuliahan daring ini menuntut kita untuk terus berkembang dan melek teknologi,” katanya. (DE)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here