UPI Kampus Serang Sediakan 80 Kuota Untuk Prodi PKP

SERANG, (KB).- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Serang menyediakan 80 kuota mahasiswa baru, yang disiapkan untuk Program Studi Pendidikan Kelautan dan Perikanan (PKP).

Jumlah tersebut dibuka melalui tiga jalur yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).

“Penerimaan PKP tahun ini 80 mahasiswa baru, yang kami sediakan melalui tiga jalur. Saat ini UPI kampus Serang sedang menunggu proses Fakultas Maritim, sekarang ada prodi PKP. Selain itu juga ada prodi Sistem Informasi Kelautan yang rencananya akan dibuka di UPI kampus Serang,” ujar Direktur UPI Kampus Serang Herli Salim saat dihubungi Kabar Banten, Jumat (8/3/2019).

Oleh karena itu, pihaknya sedang menunggu Surat Keputusan pengajuan pendirian Fakultas Maritim dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Selanjutnya pihaknya juga sedang menunggu SK untuk Fakultas Ilmu Pendidikan.

Ia mengatakan, pendirian Fakultas Maritim tersebut untuk pemberdayaan potensi laut di Provinsi Banten, yang garis pantainya mencapai 550 km dari Kecamatan Mauk hingga ke Kecamatan Labuan.

“Banten mempunyai kekayaan alam laut yang berlimpah. UPI Kampus Serang bisa berkesempatan mendirikan Fakultas Maritim, diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah dan mengembangkan potensi kemaritiman,” ujarnya.

Ia mengatakan, dibukanya fakultas tersebut diharapkan dapat melakukan penelitian di bidang pendidikan kelautan dan perikanan, dalam upaya mengembangkan potensi kemaritiman daerah dan nasional.

“Prosesnya dapat menerapkan ilmu teknologi kelautan dan perikanan, dalam pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dan kelestarian lingkungan pesisir, laut dan pulau-pulau kecil,” tuturnya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here