UPI Kampus Serang Akan Gelar Program Bersih-bersih Kali Cibanten

SERANG, (KB).- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Serang akan menggelar kegiatan Program Kali Bersih (Prokasih) Cibanten pada Sabtu (24/11/2018) mendatang. Direktur UPI Kampus Serang, Herli Salim mengatakan, kegiatan bersih-bersih Kali Cibanten tersebut, masih dalam persiapan. Program tersebut, kata dia, bertujuan untuk membangkitkan partisipasi masyarakat dan menggugah pemerintah.

“Kegiatan bersih-bersih ini harusnya yang lebih proaktif itu pemerintah, pemerintah punya infrastruktur, punya alat berat, dan punya SKPD yang bisa bergerak ke situ, seperti Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup, Dinas PUPR dan Dinas Pendidikan, karena kami dari kalangan akademisi kegiatan ini untuk kebersihan lingkungan,” ujarnya kepada Kabar Banten, di Kampus UPI Serang, Senin (22/10/2018).

Ia menuturkan, di luar negeri tersebut, sungai untuk kegiatan kebudayaan dan sebagai tempat wisata, sedangkan di Kali Cibanten tersebut sangat kotor sekali. Ada 5 jembatan kali yang akan dibersihkan, yakni Banten Girang, Neglasari, Kubang, Kaujon, dan Lontar.

“Kegiatan bersih kali ini tidak bisa bekerja sendiri tentu saya akan dibantu oleh civitas akademika UPI Kampus Serang dan sekarang masih dalam persiapkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut, karena rutenya sangat jauh, seperti rute Kaujon dan Lontar. Kami akan bekerja dulu di Jembatan Kaujon hingga Lontar,” tuturnya.

Ia menuturkan, untuk melakukan kegiatan tersebut sekarang ini masih melakukan pembekalan bagi para mahasiswa, pada kegiatan tersebut, seluruh civitas akademika dan mahasiswa UPI Kampus Serang terlibat nanti ada masyarakat sekitar daerah aliran sungai (DAS).

“Kami nanti akan diajak dialog dengan masyarakat sekitar untuk tidak membuang sampah di aliran sungai kembali, nanti dibawa ke kampus dan didaur ulang dan akan dipisah-pisah mana sampah organik dan sampah nonorganik,” katanya.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut juga sudah didukung oleh organisasi internasional salah satunya River Basin Organization (RBO). “Kami mengontak mereka dan mereka sangat gembira dan selamat datang mengambil bagian menjadi relawan untuk membersihakan kali dan mereka juga mengatakan akan menjadi mitra dialog,” ujarnya.

Ia berharap, pada kegiatan tersebut, sebagai orang Islam untuk mengamalkan nilai-nilai kebersihan, agar para mahasiswa untuk mencintai kebersihan kampus dan kebersihan di sekitar lingkungan kampus. “Kami ingin masyarakat tidak membuang sampah kembali ke sungai dan juga memberikan pengajaran kepada mahasiswa, agar tidak membuang sampah sembarangan,” ucapnya. (DE/MH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here