Sabtu, 15 Desember 2018

UPH Juara Umum Pomda VII Banten

SERANG, (KB).- Universitas Pelita Harapan (UPH) dinobatkan sebagai juara umum Pekan Olah raga Mahasiswa Daerah (Pomda) VII Banten 2018. Keberhasilan UPH menjadi yang terbaik dari 41 perguruan tinggi di Banten tersebut, tidak lepas dari prestasi atletnya yang berhasil mempersembahkan 23 medali emas, 1 medali perak dan 1 medali perunggu.

“Berdasarkan hasil rekapitulasi akhir perolehan medali, UPH ditetapkan sebagai juara umum Pomda VII Banten 2018 dengan total 25 medali,” ujar Sekretaris 1 Bapomi Banten, Yayan S Ryan kepada wartawan, Ahad (2/12/2018).

Ia mengatakan, UPH unggul dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), yang menguntit di posisi ke-2 dengan 17 medali emas, 22 medali perak dan 36 medali perunggu. Total Untirta memperoleh 75 keping medali. Di posisi ke-3 ditempati oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Setia Budhi, yang meraih 13 medali emas, 10 medali perak dan 9 medali perunggu.

“Jumlah total medali STKIP Setia Budhi ada 32. Untuk di posisi ke 4 ada STKIP Situs Banten dan ke-5 Universitas Serang Raya (Unsera). STKIP dan Unsera sama-sama meraih 16 medali hanya saja STKIP Situs Banten lebih banyak memperoleh medali emas dengan jumlah 7 sedangkan Unsera 5 medali emas,” kata Ryan.

Ia menjelaskan, terkait Pomnas 2019 atlet yang dikirim mewakili Banten tidak semuanya berasal dari atlet yang juara. Sebab, pihak Bapomi Banten akan melibatkan atlet lain yang tidak meraih medali emas namun memiliki kualitas yang mumpuni sehingga Banten memiliki tim yang solid.

“Sesuai perjanjian di acara technical meeting, belum tentu (diambil semua). Cabang olah raga beregu juara akan mewakili Pomnas Banten yang kerangka tim inti. Sedangkan cadangan dari perguruan tinggi lain yang punya kualitas di atas rata-rata,” ucap Ryan.

Ia berharap prestasi atlet Banten di Pomnas 2019 meningkat dibandingkan Pomnas 2016 Makassar. Untuk mendukung prestasi tersebut, diharapkan harus ada pembekalan minimal karakter building untuk atlet.

“Pertama ikut Pomnas langsung signifikan peringkat ke-6 tahun 2009 di Palembang, kemudian posisinya turun satu peringkat. Sudah 7 kali ikut Pomnas, urutannya 6,7,6,7. Di tahun 2016 di Makassar urutan ke-11 (turun),” tuturnya. (FI)*


Sekilas Info

Kejuaraan Basket SMA Banten, 18 Klub Ambil Bagian

SERANG, (KB).- Sebanyak 18 klub basket putra dan putri turut serta menyemarakkan Kejuaraan Bola Basket Tingkat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *