Upah Sektoral Kabupaten Serang, Disnakertrans Tunggu SK Gubernur

SERANG, (KB).- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang hingga saat ini masih menunggu Surat Keputusan (SK) Gubernur Banten terkait penetapan upah sektoral Kabupaten Serang. Oleh karena itu, Disnakertrans belum dapat memberikan imbauan terkait penerapan upah tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Jamsostek Disnakertrans Kabupaten Serang Iwan Setiawan menjelaskan, saat ini penetapan upah sektoral Kabupaten Serang masih menunggu SK Gubernur.

Sehingga pihaknya belum dapat menyebarkan surat pemberitahuan terkait penerapan upah tersebut ke seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Serang. Sementara untuk rekomendasi kenaikan sebelumnya sudah disampaikan.

“Untuk saat ini kami masih menunggu penetapan upah sektoral Kabupaten Serang, karena belum ada SKnya, sama yang lain (perusahaan) juga menunggu,” tutur Iwan kepada wartawan, Selasa (17/12/2019).

Rekomendasi kenaikan upah sektoral yang disampaikan ke provinsi untuk wilayah Kabupaten Serang yaitu sektor satu naik Rp 167.000 dan sektor dua naik Rp 112.000 dari jumlah Upah Minimum Kabupaten (UMK) Serang. Sementara untuk UMK Kabupaten Serang sebelumnya sudah ditetapkan sebesar Rp Rp 4.152.887 untuk tahun 2020.

“Kalau untuk penetapan UMK suratnya sudah kami sebar ke semua perusahaan. Jadi 2020 semua perusahaan sudah harus menggunakan UMK itu, nah sekarang tinggal nunggu upah sektoralnya,” ujarnya.

Kemungkinan, dia menuturkan untuk penetapan upah sektoral akan ditetapkan sekitar awal pekan depan. Namun, nantinya perusahaan juga dapat memberikan sanggahan jika merasa keberatan dengan hasil penetapan tersebut.

Sebab biasanya ada sebagian perusahaan yang masih keberatan dengan memberikan UMK dari jumlah tersebut kepada karyawannya walaupun sudah ditetapkan.

“Nanti bisa melakukan sanggahan atau keberatan jika perusahaan tidak mampu membayarkan UMK. Tapi tidak melalui kami, namun langsung ke provinsi,” ucapnya.(TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here