Untuk Tim Popnas Banten, Cilegon Sumbang 16 Atlet

CILEGON, (KB).- Kota Cilegon menyumbang 16 atlet untuk kontingen Banten, pada pekan olah raga nasional (Popnas) yang digelar di Semarang 10-21 September 2017. Mereka dipercaya dapat mengharumkan nama Banten sekaligus Kota Cilegon di kancah nasional. Ketua KONI Cilegon Budi Mulyadi ketika dikonfirmasi membenarkan atlet Cilegon berlaga di Popnas. “Benar ada 16 atlet, 1 offisial dan 2 pelatih yang ikut serta dengan kontingen Banten ke Popnas Semarang 2017,” katanya.

Budi menjelaskan, 16 atlet itu terbagi dalam beberapa cabang olah raga di antaranya bulu tangkis, atletik, gulat, karate, pencak silat, tarung drajat, dan taekwondo. “Paling banyak ada di sepak takraw yakni 6 orang dan pencak silat 3 orang, sisanya ada yang 1 atau 2 orang ditiap-tiap cabor,” ujarnya.

Budi menjelaskan, atlet Cilegon khususnya pelajar yang bertanding pada Popnas, merupakan aset milik Kota Cilegon. Untuk itu, dukungan moril dan bantuan harus diberikan sebagai salah satu upaya untuk memberikan rasa percaya diri dalam bertanding. “Mereka ini tergabung dalam kontingen Banten. Saya kira untuk persiapan menghadapi Popnas. Mereka benar-benar melalui proses seleksi yang cukup ketat. Saya berharap atlet Cilegon mendapat hasil yang positif pada Popnas ini,” tuturnya.

Hal yang sama dikatakan oleh Sekretaris Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Cilegon Heni Anita Susila. Menurutnya, ajang Popnas ini merupakan puncak event olah raga pelajar. Pelajar yang ikut serta merupakan pilihan setelah mengikuti seleksi di tingkat kota maupun provinsi. “Ini semua diikuti 32 provinsi, untuk Banten sendiri dan atlet Cilegon mempunyai peluang untuk mendulang medali. Apalagi di beberapa nomor yang pada saat kualifikasi mendapat nilai tertinggi,” tuturnya.

Khusus untuk cabang perorangan, lanjut Heni, seperti silat, bulu tangkis, gulat memang atlet Banten khususnya Cilegon tidak kalah dengan provinsi lain. Asalkan mereka fokus dan mengikuti instruksi pelatih maka medali akan dapat. “Kuncinya atlet harus fokus dipertandingan dan ikuti instruksi pelatih. Saya kira medali emas akan didapatkan oleh kontingen Banten, khususnya atlet Cilegon. Kami optimistis Banten akan dapat bersaing dengan kontingen dari provinsi lainnya,” tuturnya. (H-45)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here