Kamis, 21 Juni 2018

Untuk Sekda Definitif, DPRD Kabupaten Serang Desak Segera Lelang Jabatan

SERANG, (KB).- Sejumlah Fraksi DPRD Kabupaten Serang meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) segera melakukan seleksi calon sekretaris daerah (Sekda) definitif melalui open bidding atau lelang jabatan. Hal tersebut dinilai perlu segera dilakukan agar roda pemerintahan lebih efektif.

Anggota Fraksi PPP DPRD Kabupaten Serang Heri Azhari mengatakan, pihaknya memminta bupati untuk segera melaksanakanopen bidding untuk mengisi posisi sekda karena sekarang sudah terlalu lama diisi Plt. “Supaya lebih efektif, segera definitifkan, kalau perlu segera open bidding supaya efektif, roda pemerintahan juga berjalan baik,” katanya. Senin (1/1/2018).

Heri juga berharap, Sekda lebih kooperatif terhadap lembaga DPRD, karena selama ini dirinya merasa sekda masih kurang kooperarif. “Harus kooperatif ke DPRD. Ini kamiingin menanyakan sejauh mana hasil evaluasiAPBD 2018 oleh gubernur saja belum dijawab. Hal itu ditanyakan karena jangan sampai Januari belum bisa dilaksanakan kegiatannya oleh seluruh OPD, mengingat 2017 serapan anggaran itu terlambat,” ujarnya.

Heri mengungkapkan, sekda juga harus lebih respon terhadap persoalan pemda, sekda seharusnya berkoordinasi dan berkomunikasi dengan DPRD, dan jangan ada pemikiran lain kalau lembaga DPRD menanyakan terkait hasil evaluasi APBD ke sekda. “Saya atas nama anggota DPRD dan atas nama fraksi PPP, saya sangat menyayangkan kalau tidak seperti itu (Tidak kooperatif dan responsif),” katanya.

Anggota DPRD Kabupaten Serang lainnya Mansur Barmawi juga mengatakan, pihaknya setuju Pemkab Serang segera melakukan open bidding, agar kinerja pemkab lebih baik. “Terkait open bidding sekda, ya jelas kita dukung lah, agar kinerja pemda berjalan dengan baik.Kalau yang kita rasakan kemarin, banyak kegiatan di anggaran murni yang seharusnya itu sudah dilaksanakan di pertengahan tahun, tapi sebagain besar kegiatan, apalagi kegiatan yang menyangkut publik justru banyaknya dikerjakan di akhir tahun, ini kinerja yang kurang baiksaya kira,” katanya.

Sementara, terkait serapan anggaran, kata Mansur,pihaknya belum bisa berbicara karena baru akan melihat setelah pemkab resmi menyampaikan serapan anggaran di 2017. “Disamping banyak persoalan yang terjadi di sekitar pemkab, oleh karena itu, kami juga mendorong untuk segera dialksanakan open bidding terkait sekda definitif agar kerjanya lebih fokus terarah cepat dan tepat. Karena posisi sekda sangat penting sebagai menajerial pemkab dan terjalinnya komunikasi koordinasi antar OPD di pemkab, saya kira peran sekda sangat penting,” tuturnya.

Ketua Fraksi Gerindra Usen juga setuju agar segera dilakukan open bidding untuk sekda definitif. “Saya sangat setuju, karena pertama sekda itu pembantu bupati yang sangat krusial jadi harus punya trobosan yang mantap dan bagus untuk membangun KabupatenSerang dan harus tahu bahwa bupati waktu dulu mencalonkan diri sebagai bupati visi misinya sangat luar biasa, nah kalau ini tidak dibantu sekda, saya khawatir akan terpuruk pemkab,” ujarnya.

Ketua Fraksi PAN Masrori mengatakan, sesuai tupoksinya sebagai jabatan tertinggi di ASN, Sekda membantu kepala daerah dalam menjalankan roda pemerintahan.  “Maka jangan sampai komunikasi nya tersumbat, begitu juga dalam hal pelayanan ke masyarakat jangan sampai ada permasalahan. Apabila tidak mampu membuat seperti itu lebih baik mundur. Jika komunikasi tersumbat dan berpengaruh ke kinerja itu merugikan bupati dan wakil, karena akan menghambat realiasi visi misinya,” katanya.  Untuk itu, kata Masrori, Pemkab harus segera melakukan open bidding agar segera memiliki sekda definitif. (YY)***


Sekilas Info

Para Calon Anggota Legislatif Wajib Tahu Ini

SERANG, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengganti Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 dengan Peraturan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *