Untuk Ratusan Warga Terdampak Covid-19, Baznas Kabupaten Serang Siapkan Bantuan

SERANG, (KB).- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Serang akan menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19. Hal tersebut sesuai dengan imbauan Baznas Pusat, untuk melakukan pendistribusian bantuan selama kondisi pandemi ini.

Kepala Baznas Kabupaten Serang Ahmad Wardi Muslich menjelaskan, rencananya Baznas Kabupaten Serang akan melakukan penyerahan bantuan secara simbolis di Pendopo Bupati Serang pada Selasa (28/4/2020).

Adapun untuk penerimanya, yakni warga yang terdampak pandemi Covid-19, tenaga medis hingga pemandi jenazah, petugas kebersihan, yatim duafa, dan panti asuhan. Untuk warga yang terdampak Covid-19 akan diberikan kepada 430 orang yang tersebar di 29 kecamatan.

“Selasa (28/4/2020) kami akan memberikan bantuan untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19 sebanyak 430 orang yang tersebar di 29 kecamatan. Masing-masing akan diberikan Rp 500.000 per orang,” katanya kepada Kabar Banten di ruang kerja, Senin (27/4/2020).

Tak hanya itu, lanjut dia, Baznas Pusat juga telah memberikan bantuan beras sebanyak lima ton untuk warga yang terdampak pandemi ini. Jumlah penerimanya sebanyak 1.000 orang, jadi masing-masing mendapatkan 5 kilogram beras. Adapun beras yang diberikan oleh Baznas Pusat merupakan beras dari hasil petani binaan yang berasal dari Kabupaten Serang.

“Jadi, Baznas Pusat punya (petani) binaan di sini, maka hasil pertanian itu dimanfaatkan dan dibeli Baznas Pusat untuk saat ini. Masing-masing penerima mendapat 5 kilogram beras untuk 1.000 orang,” ujarnya.

Kemudian, ucap dia, Baznas Kabupaten Serang juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang untuk memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) yang akan digunakan para tenaga medis.

Bantuan tersebut, berupa uang tunai sebesar Rp 20 juta yang akan diserahkan kepada Dinkes Kabupaten Serang. Selanjutnya, Dinkes yang akan memenuhi kebutuhan APD menggunakan bantuan tersebut dan disebar ke semua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Serang.

“Untuk pengadaan APD kami bekerja sama dengan Dinkes. Bantuannya senilai Rp 20 juta untuk APD tenaga medis yang ada di Kabupaten Serang, nanti dibagikan ke Puskesmas,” tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, Baznas Kabupaten Serang juga akan memberikan bantuan kepada 435 pemandi jenazah yang ada di Kabupaten Serang, masing-masing dari mereka mendapat Rp 700.000.

Lalu, pemberian bantuan kepada pasukan kebersihan atau pasukan kuning sebanyak 250 orang. Mereka akan diberikan Rp 100.000 per orang dan masing-masing mendapat beras sebanyak 5 kilogram.

“Ada juga bantuan untuk yatim duafa, bantuan biasanya diberikan saat buka puasa bersama, tapi saat ini tidak. Kami tetap melakukan pendistribusian kepada 1.000 yatim duafa dengan masing-masing Rp 150.000 per orang ditambah dengan perlengkapan sekolah. Terakhir, ada bantuan untuk panti asuhan sebanyak 50 panti diberikan uang Rp 400.000 per panti dan beras dengan jumlah yang bervariasi bergantung jumlah yang mengisi panti, mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat bagi para penerima,” katanya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here