Untuk Jalankan Rencana Bisnis Bank Banten, Divestasi Saham BJB Diharapkan Segera Terwujud

SERANG, (KB).- PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten atau Bank Banten masih berharap Pemprov Banten melakukan divestasi saham dari Bank Jabar Banten (BJB). Sebab, divestasi akan menjadi suntikan dana untuk Bank Banten menjalankan rencana bisnis.

Plt Komisaris Utama Bank Banten Mediawarman berharap, divestasi saham yang dilakukan Pemprov Banten segera terwujud. “Mudah-mudahan bisa segera terwujud,” katanya saat dihubungi wartawan melalui sambungan, Jumat (29/3/2019).

Ia memahami divestasi saham tidak mudah dilakukan. Sebab, banyak proses yang harus dilalui secara perlahan.

“Karena Pemprov Banten selaku pemegang saham grade A harus menjual sahamnya ke pembeli yang juga pemegang saham grade A. Tapi kalau tidak ada peminat, maka akan diturunkan grade saham perseroan menjadi grade B untuk diperdagangkan di lantai bursa,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Banten Mahdani mengatakan, Pemprov Banten juga akan melakukan kerja sama dengan BRI. Pola kerja sama dengan BRI dinilai akan lebih cepat terealisasi ketimbang harus melakukan divestasi saham pemprov di BJB.

“Ini sedang dibahas perjanjiannya. Kita yang pertama selesaikan perjanjian dengan BRI dulu. BRI masuk, kita masuk lagi, jadi mempercepat,” ujarnya.

Adapun skema kerja sama yang akan dibangun dengan BRI, kata dia, nantinya salah satu BUMN itu akan memberikan bantuan dalam penyehatan Bank Banten. Ketika sudah sehat, BRI kemungkinan akan menarik saham Bank Banten.

“Nanti dia (BRI) pada saat kita sudah sehat baru saham. Sekarangkan modal kita (saham pemprov di Bank Banten) 51 persen. 49 persen punya publik, mungkin nanti ditarik BRI. Sekarang membantu menyehatkan dulu. (Modal) untuk sehat kita lagi tunggu due diligence dari BRI. Kurang lebih Rp 1,8 triliun,” ujarnya. (SN)*

1 KOMENTAR

  1. Dari 2017 bacot na gitu za… Ga pernah terealisasi… Bukan nya dewan direksi yg ga beres kerja yg diganti… Eehhh malah komisaris yg di ganti… Ya Namanya juga Fahmi Barat MaGaBut… Makan gaji buta… He he he

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here