Untuk 2 RTH, Pemkot Serang Siapkan Rp 5 Miliar

Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menyiapkan anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk membangun dua ruang terbuka hijau (RTH) di Kecamatan Taktakan dan Walantaka, sedangkan untuk tiga kecamatan lainnya akan dianggarkan di tahun berikutnya, di antaranya Kecamatan Kasemen, Curug, dan Cipocok Jaya.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang Nanang Saefudin mengatakan, pembangunan dua RTH tersebut, masih dalam pembahasan feasibility study (FS).

“Itu nanti akan dibangun pada 2020. Kalau sekarang ini baru FS-nya saja. Masih ada proses tahapan lainnya. Untuk anggaran, sekitar Rp 5 miliar yang kami anggarkan,” katanya.

Dari enam kecamatan se-Kota Serang, ujar dia, hanya satu kecamatan yang tidak dibangun RTH, yakni Kecamatan Serang. Hal tersebut, karena sudah terdapat Alun-alun Kota Serang yang masuk dalam wilayahnya sebagai RTH, sehingga pihaknya hanya memprioritaskan kecamatan yang belum memilikinya.

“Pembangunan RTH itu minus di Kecamatan Serang, karena mereka sudah punya RTH sendiri itu kan alun-alun masuk RTH juga. Jadi, Kecamatan Serang itu sudah memiliki RTH, tidak perlu lagi kami buatkan, cukup satu saja di alun-alun,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Kota Serang Eri Hatinlahiri menjelaskan, untuk di Kecamatan Taktakan terkendala dengan pembebasan lahan yang saat ini masih milik warga, sehingga pihaknya belum bisa memastikan berapa anggaran yang dibutuhkan dalam pembangunan RTH tersebut.

“Kendalanya itu pada lahan untuk di Taktakan kami masih kurang. Idealnya itu sekitar tiga hektare, sedangkan lahan yang kami punya hanya satu hektare. Tapi, nanti kami juga akan melakukan FS, untuk menentukan titik lokasi yang tepat untuk pembangunan RTH,” tuturnya.

Akan tetapi, kata dia, untuk FS dan proses lelang akan dilakukan pada tahun ini, sedangkan untuk pembangunan fisiknya pada tahun depan. Sebab, proses pembangunan tersebut, harus selesai sebelum akhir 2020. “Rencananya mulai pembangunan fisik itu pada pertengahan Maret 2020,” ujarnya. (Rizki Putri/Yandri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here