Untuk 11 Posisi Eselon II Pemkot Serang, 3 Besar ‘Open Bidding’ Segera Ditetapkan

SERANG, (KB).- Panitia seleksi (Pansel) lelang 11 Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) pratama di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mulai melakukan penilaian terakhir terhadap nama-nama peserta yang akan masuk tiga besar.

Ketua Pansel RA Syahbandar mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan penilaian terhadap nama-nama peserta seleksi terbuka (open bidding). Setelah penetapan tiga besar, Pansel akan melaporkan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan ditembuskan kepada Wali Kota Serang Syafrudin.

Wali kota nantinya akan memilih masing-masing satu nama peserta yang akan mengisi 11 posisi yang diperebutkan. ”Belum, masih proses penilaian,” ujar Syahbandar, Ahad (30/6/2019).

Dalam memberikan penilaian, kata dia, Pansel harus mengakumulasikan nilai dari setiap tahapan open bidding, mulai dari tahap tes kompetensi (assessment), rekam jejak, penulisan makalah, dan terakhir adalah tes wawancara.

”Nanti dirangking setiap peserta di posisinya masing-masing. Misalnya si A total nilainya berapa, si B totalnya berapa, gitu,” ucapnya.

Dalam open bidding itu, ia mengakui masih ada beberapa peserta yang latar belakang pendidikannya tidak sesuai. Meski demikian, pihaknya tetap melakukan penilaian secara komprehensif.

“Makanya komprehensif penilaiannya. Sesuai prosedur yang diatur KASN. Kan ada prosedurnya di sana, ada aturannya, ada bobotnya. Kami melaksanakan sesuai dengan tahapan, begitu,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Serang Syafrudin berharap peserta yang masuk tiga besar sesuai latar belakang pendidikannya dengan posisi yang akan dijabat nanti. Hal itu untuk memastikan bahwa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut sudah memahami tugasnya di OPD yang dituju.

”Artinya kalau basicnya pendidikan ya di dinas pendidikan. Kalau basicnya di permukiman ya di perkim. Jadi sesuai dengan keahliannya masing-masing. Jadi ketika nanti dia terpilih dan menjadi pejabat Eselon II bisa menjalankan program pemerintahan dengan baik,” kata Syafrudin.

Namun, ia memastikan seluruh peserta yang mengikuti proses open bidding sudah sesuai dengan persyaratan dan aturan secara administrasi. “Saya kira semua peserta ini kalau sudah memenuhi syarat dalam sisi administrasi, usia, dan lainnya itu sesuai,” ujarnya. (Masykur/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here