Rabu, 21 Februari 2018

Untirta Terima 4.070 Mahasiswa Baru

SERANG, (KB).- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) akan menerima 4.070 mahasiswa baru. Berdasarkan undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang pendidikan tinggi, pola penerimaan mahasiswa baru di PTN tahun 2018 dilaksanakan tiga jalur. Rektor Untirta Sholeh Hidayat mengatakan, jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan protofolio akademik siswa dan prestasi lainnya yang bersumber dari pangkalan Data Sekolah dan siswa(PDSS).

“Untirta pada tahun akademik 2018/2019 akan menerima mahasiwa baru sebanyak 4.070 orang terdiri dari jenjang Sarjana (S1) 3.505 orang. Ada 36 program studi termasuk program studi baru yaitu Teknologi Pangan Fakultas Pertanian. Ada tiga jalur yang bisa diikuti pertama SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri,” katanya, akhir pekan kemarin.

Ia mengatakan, tahap pertama, SNMPTN ini menggunakan jalur prestasi, kedua seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SMBPTN). Seleksi ini berdasarkan tulis berbasis cetak (UTBC) atau ujian tulis berbasis Komputer (UTBK) dengan menggunakan android. Seleksi masuk jalur kedua ini melakukan kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan bagi calon mahasiswa yang memilih program studi tertentu seperti olah raga dan kesenian. Jalur terakhir jalur mandiri yakni seleski yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN dan dapat memanfaatkan nilai hasil SBMPTN.

“UTBK menggunakan android menggunakan rintisan model penerimaan mahasiswa baru melalui Pusat layanan Tes(Tes Center)yang dapat diikuti waktu kapan saja sama seperti mengikuti tes Tofel Elt.”tuturnya. Ia mengatakan SNMPTN dan SBMPTN tahun 2018 secara resmi telah diluncurkan di Auditorium Kementrian Riset, Teknologi dan pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Pada tanggal 12 januari 2018 lalu. Peresmian launching oleh Menristekdikti bersama panitia Pusat SNMPTN dan SBMPTN disaksikan oleh para rector PTN seluruh Indonesia, wakil dari beberapa SMA/SMK/MA di Indonesia, serta pejabat di lingkungan Kemenristekditi.

“Program diploma terdiri dari 5 program studi yakni Diploma III Akuntasi, keuangan dan perbangkan, marketing, perpajakan dan keperawatan 285 orang, dan 280 orang program magister (S2) 9 Program studi yaitu Teknologi Pendidikan termasuk konsentrasi Manjemen Pendidikan dan Pendidiakn Usia Dini (PAUD), Hukum, Akuntasi, Manjeman, Administarsi, Publik, pendidikan, Bahasa Inggris, pendidkan Matematika, serta Ilmu Pertanian,” katanya.(DE)***


Sekilas Info

Madrasah Siap Ikut UAMBN & USBN

SERANG, (KB).- Siswa madrasah aliyah (MA) dan madrasah tsanawiyah (MTs) akan mengahadapi ujian nasional (UN) pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *