Rabu, 21 Februari 2018

Untirta Sosialisasikan SNMPTN 2018

SERANG, (KB).- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyosialisasikan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) kepada guru bimbingan konseling se-Kabupaten Serang. Sosialisasi dilakukan di Aula SMAN 1 Kramatwatu, Kabupaten Serang, Senin (12/2/2018).

Wakil Rektor I Bidang Akademik Untirta, Fatah Sulaiman mengatakan, sosialisasi untuk memberikan pemahaman terkait proses pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) oleh pihak sekolah. Hal tersebut merupakan syarat untuk seleksi SNMPTN di mana proses peng-input-an datanya merupakan tanggung jawab operator sekolah. “Kegiatan ini untuk menyosialisasikan pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2018. Fokus utama saat ini, adalah pengisian PDSS yang merupakan syarat utama pendaftaran SNMPTN,” katanya.

Ia menuturkan, SNMPTN adalah pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran presatasi akademik dengan menggunakan nilai rapor serta portopolio akademik. Masa pengisian dan verifikasi PDSS berlangsung Rabu (21/2/2018) sampai Selasa (6/3/2018).
“Siswa harus diberikan motivasi dalam memilih perguruan tinggi yang mereka inginkan. Siswa juga harus mendapatkan informasi seputar fakultas dan program studi yang ada di perguruan tinggi negeri. Selain itu, jangan paksa siswa untuk memilih ke program studi tertentu. Biarkan mereka menentukan pilihan tersendiri,” ujarnya.

Terkait pengembangan statistik PDSS SNMPTN 2018, dia mengatakan, ada penambahan waktu kepada sekolah yang telah mengisi data PDSS 2018. Sekolah masih diberi kesempatan untuk memperbaikinya. Batas waktu perbaikan itu sampai Senin (12/2/2018) pukul 23.59 WIB,” ucapnya. Sementara itu, Kepala SMAN Kramatwatu, Kabupaten Serang, Agus Rustamana menuturkan, bahwa informasi seputar SNMPTN dan SBMPTN sangat dibutuhkan siswa. Oleh sebab itu, sosialisasi tersebut menjadi sangat penting untuk dilaksanakan. Dapat mendengarkan dan menampung aspirasi para guru Bimbingan Konseling yang langsung berhadapan dengan siswa dalam penerimaan mahasiswa baru tersebut.

“Hadirnya Wakil Rektor Bidang Akademik Untirta sebagai Ketua Panlok Banten dalam hal SNMPTN dan SBMPTN sangat membantu terhadap sistem penerimaan mahasiswa baru. Ini menjadi dasar menentukan strategi sekolah untuk membantu siswa untuk berhasil dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru. Sosialisasi ini juga dapat memberikan pemahaman kepada guru Bimbingan Konseling dalam menghadapi peserta didik yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi,” tuturnya. (DE)***


Sekilas Info

Madrasah Siap Ikut UAMBN & USBN

SERANG, (KB).- Siswa madrasah aliyah (MA) dan madrasah tsanawiyah (MTs) akan mengahadapi ujian nasional (UN) pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *