Senin, 25 Juni 2018

Untirta Siapkan Kuliah Kebantenan

SERANG, (KB).- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mempersiapkan mata kuliah studi kebantenan kepada mahasiswa untuk mendukung Banten menjadi kawasan wisata budaya dan tempat bersejarah di Banten. Saat ini, Banten sudah menjadi daerah tujuan wisatawan.

Wakil Rektor Bidang Akademik Untirta, Fatah Sulaeman mengatakan, sistem pembelajaran nanti akan menyenangkan bagi mahasiswa. Nantinya, mahasiswa diberi pemahaman tentang potensi budaya lokal dan tempat bersejarah. Kearifan lokal selalu menjadi bahan diskusi dan kajian menarik. Bahkan, penguatan nilai lokal sebagai jati diri, termasuk Banten.

“Dalam waktu dekat, kami akan membuka studi kebantenan. Dosen dan mahasiswa ada filed trip peninjauan langung ke lokasi bersejarah. Mata kuliah pengembangan kepribadian yang memiliki arah dalam mengidentifikasi dan mengembangkan pemikiran mahasiswa untuk menemukan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam dalam mewujudkan ketahanan pangan food security di Provinsi Banten,” katanya kepada Kabar Banten, Selasa (6/2/2018).

Ia menuturkan, mata kuliah tersebut mahasiswa dapat belajar langsung ke lokasi mengenal dan menggali potensi yang ada untuk menarik wisatawan untuk datang ke Banten. Untuk memperkaya bahan kuliah dan melakukan riset menggali khazanah Banten. Semua yang digali tersebut, semua aspek.

“Mata kuliah ini dapat mengaplikasikan dan meneruskan kebijakan Sultan Ageng Tirtayasa tentang food security,memahami pemikiran kalam dan fiqih Syekh Nawawi al-Bantani tentang food security, menggali potensi sumber daya alam dan peluang food security di Provinsi Banten, menelaah konservasi bumi dalam kehidupan nyata, menciptakan, dan mengembangkan teknologi pangan masyarakat Banten, serta dapat memajukan dan mengembangkan pariwisata dan wisata kuliner masyarakat Banten,” ujarnya.

Ia menuturkan, mata kuliah kebantenan tersebut mendapat persetujuan dari senat univesitas. Dengan begitu, mata kuliah tersebut akan diajarkan kepada para mahasiswa secepatnya. Kegiatan sosialisasi terkait mata kuliah kebantenan juga dihadiri para Wakil Dekan Bidang Akademik, Dosen Pengampu, dan Lembaga Penjaminan Mutu Untirta untuk persiapan mata kuliah (MK) studi kebantenan. (DE)***


Sekilas Info

Ombudsman Banjir Keluhan Masyarakat, Pengelola PPDB Online Disoal

SERANG, (KB).- Ombudsman Perwakilan Provinsi Banten mengkritik Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *