Selasa, 22 Januari 2019

Untirta Siap Tambah Kuota Bidikmisi

SERANG, (KB).- Peluang calon mahasiswa dari kalangan kurang mampu untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri makin besar. Sebab, penerimaan mahasiswa baru jalur Bidikmisi akan ditambah 50 persen. Penambahan Bidikmisi disampaikan Kementerian Riset, Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Menanggapi hal tersebut, Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Fatah Sulaiman mengatakan, Bidikmisi tersebut merupakan program pemerintah pusat. Pihaknya siap dengan penambahan kuota tersebut.

“2018 meningkat juga pendaftar dengan tahun sebelumnya. Itu artinya melakukan verifikasi persyaratan kelayakan siapa yang berhak menerima. Dari sisi hasil potensi akademik dan kami laporkan ke pusat. Biasanya pendaftar melebih dari kuota,” kata Fatah kepada Kabar Banten, Sabtu (12/1/2019).

Ia mengatakan, tahun lalu kuota penerima Bidikmisi di Untirta mencapai 364 mahasiswa. Tahun ini tentu pihaknya akan mengikuti pemerintah untuk penambahan kuota tersebut.

“Kami ikuti penambahan kuotanya. Program tersebut untuk membantu siswa yang kurang mampu, untuk bisa melanjutkan pendidikan namun terkendala biaya. Jika ada penambahan maka peluang bagi siswa kurang mampu akan lebih banyak,” ujarnya.

Ia mengatakan, penambahan kuota Bidikmisi berdasarkan kuota tambahan dari Kemenristekdikti. “Pusat yang mengatur penambahannya,” ucapnya.

Menurut dia, untuk program beasiswa Bidikmisi pihaknya mempunyai tim khusus, untuk menyeleksi calon mahasiswa yang akan mengikuti jalur bidik misi tersebut. “Nanti ada tim yang akan mengecek langsung tempat tinggal calon mahasiswa tersebut,” tuturnya. (DE/YA)*


Sekilas Info

Sudaryono: Urgensi Budaya Mutu di Perguruan Tinggi

Budaya merupakan totalitas perilaku, kesenian, kepercayaan, kelembagaan, dan semua produk lain dari karya serta pemikiran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *