Untirta Jadi Penyelenggara Diklat Kepala Sekolah

Kepala Diklat Untirta Aceng Hasani memberikan sambutan kepada kepala sekolah yang akan mengikuti diklat, di salah satu hotel di Kota Serang, Selasa (24/9/2019).*

SERANG, (KB).- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) ditunjuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menjadi penyelenggara pendidikan dan latihan (diklat) penguatan kepala sekolah, di salah satu hotel di Kota Serang, Selasa (24/9/2019). Kegiatan tersebut untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Kepala Bidang Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bisnis dan Pariwisata Kemendikbud Edy Rismunandar mengatakan, setiap jenjang dari Taman Kanak (TK)/Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SMP, SMA/SMK yang sudah menjabat sebagai kepala sekolah yang belum mempunyai sertifikat, harus mengikuti diklat.

“Kepala sekolah yang mengikuti diklat tersebut untuk memperdalam kemampuan dalam memimpin dan mengelola satuan pendidikannya. Serta memiliki performa sebagai kepala sekolah secara khusus,” kata Edy Kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, diklat tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan (Permendikbud) No 6 tahun 2018, yakni yang baru menjadi atau calon kepala sekolah harus menjalani diklat calon kepala sekolah.

“Kami memberikan pelatihan dalam mengelola, menjalankan fungsi manajerial, supervise dan monitoring sesuai dengan standar Kemendikbud. Kemendikbud memberikan amanah kepada Untirta sebagai penyelenggara dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan sumber daya manusia,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diklat Untirta Aceng Hasani mengatakan, pelaksanaan kegiatannya dilaksanakan di 3 lokasi yakni untuk peserta dari TK/PAUD Kota Tangerang di Hotel Puri Kayana dan Kabupaten Tangerang di Hotel Flaminggo Kota Serang, kepala sekolah SD,SMP, SMA/SMK Kabupaten Serang dan Kota Serang di Hotel Lesemar. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tujuh hari.

“Sebagai pendidik kami berharap kepala sekolah dapat mengelola dan menjalankan fungsi manajerialnya. Jika itu semua dijalankan dengan baik, tentu sekolah tersebut akan maju serta dapat melahirkan siswa berprestasi,” katanya. (DE/SJ)*

1 KOMENTAR

  1. Assalamualaikum.selamat pagi bpk /ibu bagian diklat penguatan kepala sekolah .
    saya bernama ida aliatul farida , saya menjabat kepala sekolah sudah 2 tahun dan belum memiliki sertifikat penguatan kepala sekolah.sekolah yang saya pimpin adalah sekolah MTS swasta di karamat watu . mohon penjelasan bagaiman caranya saya dapat mengikuti diklat penguatan kepala sekolah ini , karena saya berniat kuat meningkatkan mutu pendidikan kita.terimakasih wassalam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here