Sabtu, 17 November 2018

Untirta Dipercaya Selenggarakan Pendidikan Profesi Guru

CILEGON, (KB).- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mendapat kepercayaan dari Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Pendidikan (Ditendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), untuk menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Indonesia Wilayah barat, di Kampus Untirta Cilegon, Jumat (12/10/2018).

Ketua Pelaksana, Yuyu Yuwana mengatakan, PPG salah satu syarat bagi setiap guru di semua jenjang pendidikan, untuk mendapatkan sertifikasi profesi guru, untuk mendapatkan sertifikasi profesi, setiap guru terlebih dahulu mengikuti atau menempuh PPG selama setahun di perguruan tinggi yang ditunjuk dan dipercaya Kemendikbud.

“Untirta mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan PPG pada tahun ini, PPG ini sebelumnya bernama Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), merupakan program nasional Ditendik Kemendikbud yang mempunyai tujuan, untuk mencetak para pendidik atau guru yang profesional dan bersertifikat,” katanya kepada Kabar Banten.

Ia menuturkan, pada tahun ini, ada 9 kelas, terdiri dari 5 kelas khusus yang pesertanya merupakan guru dari daerah terluar, tertinggal, termiskin (3T), 2 kelas untuk guru sekolah dasar, 1 kelas untuk guru matematika dan 1 kelas untuk guru bahasa Inggris serta PPG tersbeut, akan diakhiri dengan ujian nasional pada Ahad (2/12/2018).

“Untirta dipilih menjadi penyelenggara, karena telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan yang salah satunya telah berakreditasi B. Pada kegiatan ini yang terlibat dari dosen Fakultas Kegururan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untirta,” ujarnya.

Ia mengatakan, peserta PPG akan berada di dalam kelas selama 3 minggu dan 2 minggu melakukan praktik pengenalan lapangan (PPL) di sekolah-sekolah dari mulai tingkat dasar maupun atas serta diakhiri dengan ujian nasional.

“Mereka akan melaksanakan PPL dari SD, SMP, dan SMA/SMK setelah itu pada Ahad (2/12/2018), mereka akan mengikuti ujian untuk mendapatkan sertifikasi profesi guru, semoga kegiatan ini menghasilkan tenaga guru yang professional,” ucapnya. (DE/MH)*


Sekilas Info

Panggung Budaya, Rektor Untirta Baca Puisi Sultan Ageng Tirtayasa

SERANG, (KB).- Rektor Untirta Prof. Dr.Sholeh Hidayat, M.Pd, turut berpartisipasi pada acara Panggung Budaya memperingati Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *