Untirta Buka Pendaftaran Calon Rektor

SERANG, (KB).- Panitia pemilihan Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) membuka pendaftaran calon rektor periode 2019-2023, sejak 20-27 Februari mendatang. Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Mas Iman Kusnandar, di Ruang Rapat Rektor Untirta, Rabu (20/2/2019).

“Pendaftaran sudah dibuka sejak 20-27 Februari mendatang. Pada 27 Februari itu batas waktu pengembalian formulir kesediaan dan paling lambat pukul 16.00 WIB, di Sekretariat Pilrek Gedung Rektorat Untirta,” kata Mas Iman kepada Kabar Banten.

Ia menjelaskan, selain pendaftaran bakal calon, selanjutnya akan dilakukan penetapan bakal calon rektor oleh Senat Untirta pada 13 Maret. Lalu mengumuman hasil penjaringan bakal calon dan nomor urut pada 14 Maret. Kemudian akan dilakukan rapat pleno senat terbuka, untuk penyaringan bakal calon rektor dalam penyampaian visi, misi dan program kerja pada 10 April.

Lalu pada 12 April akan dilakukan rapat Pleno Senat tertutup tahap penyaringan untuk penilian dan penetapan calon rektor. 15 April penyampaian berita acara, berkas-berkas riwayat hidup dan visi misi program kerja dari calon rektor dari hasil penyaringan ke Menteri. Dan 12 Juni pemilihan calon Rektor Untirta 2019-2023 pada rapat pleno Senat tertutup yang dihadiri oleh Menteri.

“Tahapan-tahapan berikutnya hingga akhir tahapan yakni penetapan dan pelantikan pada 14 Agustus mendatang,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam pemilihan Rektor Untirta tersebut panitia telah menetapkan 14 persyaratan. “Panitia pemilihan terdiri dari sembilan panitia inti, yang terdiri dari tiga dosen merangkap senat, tiga dosen yang bukan anggota senat, dan tidak memiliki tugas atau menjabat. Serta tiga orang non dosen,” katanya.

Ia mengatakan, panitia membantu senat untuk memfasilitasi dan bersepakat menjaga integritas, kredibilitas lembaga Untirta. Mentalitas dan mengedepankan profesionalisme.

“Kami tidak memihak kepada siapapun, karena yang berhak memilih itu senat. Jadi panitia tugasnya hanya membantu dan memfasilitasi,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor Untirta Sholeh Hidayat berharap, pemilihan Rektor Untirta bisa berjalan dengan baik. Sesuai dengan pemilihan yakni melalui proses pemilihan yang tertib, aman, damai, sejuk dan bermartabat.

“Kita berharap pemilihan rektor nanti berjalan dengan sebaik-baiknya. Sebab, kita ingin Untirta ini bermartabat, saya harap ada kesejukan, aman dan damai,” ujarnya. (DE)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here