Unsera-RJI Gelar ‘Workshop’ Jurnal Ilmiah

Suasana kegiatan workshop jurnal ilmiah yang diselenggarakan Unsera dan RJI, di Aula Unsera, Kamis (12/9/2019).*

SERANG, (KB).- Universitas Serang Raya (Unsera) bersama Relawan Jurnal Indonesia (RJI) menggelar workshop jurnal terakreditasi nasional pengindeks publikasi ilmiah ‘Directory Open Access Journal (DOAJ)’, di Aula Unsera, Kamis (12/9/2019).

Ketua pelaksana kegiatan, Nana Umdiana mengatakan, kegiatan tersebut untuk mengangkat jurnal-jurnal yang ada di Banten agar terindeks DOAJ dan terakreditasi Sicence and Technology (SINTA).

“Penulis harus mempunyai pengetahuan tentang penelitian yang mencakup metode dan praktik nyata dalam penelitian serta dapat memahami yang menjadi dampak dari penelitian,” ujarnya.

Ia mengatakan, melalui kegiatan tersebut diharapkan peneliti dapat menguasai ilmu penelitian dengan baik agar berpeluang untuk dimuat dalam jurnal.

“DOAJ merupakan satu strip di bawah scoups, jadi sebelum ke scoups, kami merencanakan junal-jurnal tersebut harus terindeks terlebih dahulu ke DOAJ. Di Banten, yang masuk dalam DOAJ masih sedikit sekali bahkan dari 15 jurnal di Kampus Unsera baru 1 yang terindeks DOAJ,” ujar Nana.

Ia menjelaskan, DOAJ merupakan situs data base pengindeks jurnal yang memuat daftar direktori jurnal akses terbuka dari seluruh dunia. Selain itu, DOAJ juga menjadi titik layanan referensi dan materi ilmiah yang bersifat ‘open acces’ untuk memberikan kemudahan pencarian dan akses terhadap jurnal terintergrasi sehingga memudahkan pengguna dalam mencari jurnal ilmiah.

“Kami memberikan pembekalan kepada peserta supaya mereka siap untuk melakukan ‘play’ pada DOAJ. Semua jurnal yang sudah terbit semua bisa di DOAJ,” ujar Nana. (DE)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here