Unsera Resmikan ”Command Centre”

DEMI menunjang fasilitas tenaga pendidik dan mahasiswa berbasis smart city, Universitas Serang Raya (Unsera) meresmikan command centre. Keberadaan command centre tersebut, juga untuk menjawab tantangan Industri 4.0 yang serba canggih dan dituntut kecepatan dalam pelayanan.

Unsera Command Centre (UCC) diresmikan langsung oleh Ketua Yayasan Informatika (YPI) Serang, Mulya R Racmatoellah dan seluruh unsur rektorat, Jumat (9/11/2018). Peresmian UCC ditandai dengan pegnguntingan pita di Lantai 3 Gedung Unsera. Selain meresmikan UCC, Unsera melaksanakan pelantikan dan pengambilan Rektor Unsera, Hamdan.

Ia mengatakan, UCC merupakan fasilitas bagi kegiatan riset dosen dan mahasiswa. Selain itu, untuk melakukan pengembangan perangkat lunak, pengembangan aplikasi start up yang dibimbing langsung oleh dosen yang memiliki kepakaran dalam bidang pengembangan aplikasi. Selain pusat untuk pengembangan aplikasi start up baik bagi mahasiswa dan dosen, UCC juga digunakan sebagai media e-Katalog.

“Ketika stakeholders atau para pengguna lulusan serta pihak pemerintahan yang ingin mengetahui produk yang telah dihasilkan oleh mahasiswa maupun dosen di lingkungan Fakultas Teknologi Informasi,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (9/11/2018).

Tidak hanya itu, UCC akan digunakan sebagai knowledge sharing tentang teori dan teknologi terbaru di bidang IT dan untuk mempersiapkan SDM dalam menyongsong Revolusi Industri 4.0 dengan fasilitas untuk pengembangan aplikasi dengan konsep internet of thing.

UCC dilengkapi fasilitas, di antaranya perangkat komputer dengan spesifikasi tinggi dengan prosesor core i7, VR Gear Box untuk pengembangan aplikasi multimedia berbasis virtual reality yang sedang tren saat ini.

“UCC juga dilengkapi internet dengan kecepatan tinggi, big screen atau video wall dengan ukuran 8×3 meter, dengan fasilitas full multimedia, serta terdapat 2 buah ruang inovasi yang digunakan untuk pengembangan project dan diskusi oleh mahasiswa dan dosen,” ucapnya.

Kepala Prodi Informatika, Akip Suhendar menuturkan, UCC diharapkan mampu meningkatkan kemampuan bagi mahasiswa dalam meningkatkan skill serta menjadi fasilitas peningkatan minat dan jumlah riset dosen di lingkungan FTI.

“Dengan adanya fasilitas ini diharapkan FTI Unsera menjadi pusat kajian perkembangan teknologi informasi terbaru serta menjadi rujukan bagi para pelaku industri, akademisi, pemerintah, dan masyarakat,” tuturnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here