Unsera Gelar ‘Try Out’ UTBK SBMPTN

Pelajar SMA/SMK dan MA di Banten mengikuti try out UTBK SBMPTN yang diselenggarakan Unsera bersama Himatika dan Nurul Fikri, di Laboratorium Unsera, Rabu (22/1/2020).*

SERANG, (KB).- Universitas Serang Raya (Unsera) menyelenggarakan try out Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bersama Himpunan mahasiswa jurusan pendidikan matematika (Himatika) dan Lembaga bimbingan belajar (bimbel) Nurul Fikri Serang, di Laboratorium komputer Unsera, Rabu (22/1/2020).

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) dan Marketing Unsera Liza Diniarizky mengatakan, try out UTBK SBMPTN yang diselenggarakan di Unsera merupakan yang pertama. Hal itu untuk memberikan motivasi kepada siswa kelas 12 SMA/SMK dan Madrasah Aliyah (MA) yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Pihaknya juga bekerja sama dengan Himatika dan Nurul Fikri sebagai penyedia soal materi UTBK SBMPTN.

“Kami membatasi yang mengikuti try out yakni dengan kuota 500 peserta, dibagi dengan 3 sesi. Disetiap sesinya dibagi menjadi 175 peserta. Pelaksanaan try out dilaksanakan selama satu hari. Kami menggunakan 5 laboratorium komputer yakni satu peserta satu komputer hal itu, kita lakukan agar senatural mungkin,” kata Liza kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, peserta berasal dari sekolah di Tangerang, Cilegon, Serang dan Pandeglang. Perguruan tinggi swasta, kata dia, tidak semuanya menyelenggarakan try out UTBK SBMPTN. Namun, pihaknya ingin memberikan kesempatan kepada siswa yang ingin melanjutkan ke PTN. Harapannya, bisa diterima di PTN, namun yang belum diterima masih bisa melanjutkan ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS) salah satunya di Unsera.

“Harapannya apa yang sudah dilakukan bisa berjalan lancar, memberikan energi positif. Bukan hanya untuk Unsera, juga siswa-siswa dan sekolah-sekolah yang sudah mendukung kami. Memotivasinya juga bisa berdampak. Selain itu, kami juga berharap penerimaan mahasiswa baru bisa mencapai target. Kami menargetkan 2.500 calon mahasiswa baru,” ujarnya.

Mengenalkan prodi

Sementara itu, Ketua Koordinator try out UTBK SBMPTN Unsera Yani Supriani mengatakan, kegiatan tersebut awalnya ingin mengenalkan program studi (Prodi) pendidikan matematika, yakni dengan mengundang siswa tapi ada kegiatan try out tersebut. Kegiatan itu juga bekerja sama dengan Nurul Fikri dan disambut antusias oleh siswa yang luar biasa.

“Ada 25 sekolah yang mengikuti try out itu, yang kami berikan undangan lebih karena pelaksanaannya bukan di hari libur. Jadi tidak banyak sekolah yang ikut. Peserta yang mengikuti try out sukses dalam menghadapi ujian nasional (UN) nanti, kemudian banyak yang masuk ke Unsera, terutama Pendidikan Matematika,” ucapnya.

Setelah mengikuti try out, akan diumumkan tiga hari kemudian. Pihaknya juga menyediakan beasiswa bagi peserta yang masuk ke 10 besar dari Unsera. Pengumuman tersebut akan diumumkan melalui laman resmi Unsera.ac.id.

“Kami juga akan mengumumkan melalui grup aplikasi chat WhatsApp, melalui laman resmi Unsera ataupun undangan langsung yang akan diberikan ke sekolah,” katanya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here