UNKP SMP, Disdikbud Mulai Distribusikan Soal

SERANG, (KB).- Dinas Pendidikan dan Kebudyaan (Disdikbud) Banten mendistribusikan soal Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) ke 480 Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri dan swasta di 5 kabupaten dan kota, Jumat (19/4/2019) di Kantor Disdikbud Banten. UNKP tersebut akan dilaksanakan pada Senin-Kamis 22-25 April 2019.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Ujian Nasional (UN) Disdikbud Banten Rudi Prihadi mengatakan, pihaknya mendistribusikan soal UN di 5 kabupaten dan kota. Sementara 3 daerah lainnya sudah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yakni di Kota Tangerang, Kota Cilegon dan Kota Tangerang Selatan.

“Soal UNKP yang didistribusikan sebanyak 803 box dengan perincian Kota Serang 49 box dan ditambah satu box UNKP susulan, Kabupaten Serang 107 box dan satu box UNKP susulan, Kabupaten Pandeglang 135 box dan satu box susulan, Kabupaten Lebak 26 box ditambah satu box susulan, dan Kabupaten Tangerang 477 box ditambah empat box untuk susulan,” kata Rudi kepada Kabar Banten.

Ia menjelaskan, pihaknya mengantarkan soal-soal UNKP tersebut ke titik antar dengan pengawalan dari anggota Polda Banten, serta petugas Disdikbud Banten.

“Titik bongkar muat sendiri untuk Kota Serang di SMPN 10, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak ada di Kantor Disdikbud, dan titik antar soal di Kabupaten Tangerang berada di SMP N 3 Tigaraksa. Di lokasi pengantaran soal UNKP harus diterima oleh pegawai yang berstatus aparatur sipil negara (ASN) dan ada surat serah terima soal UNKP yang didokumentasikan dalam bentuk foto dan video,” katanya.

Ia mengatakan, di Kabupaten Tangerang, tahun ini mereka bisa melaksanakan UNBK 100 persen. Untuk bisa melaksanakan UNBK tersebut, mereka melakukan pendekatan dengan SMA/SMK di Kabupaten Tangerang yang sudah mempunyai fasilitas komputer lengkap.

“Dalam pendekatan tersebut belum ada Memorandum of Understanding (MoU), SD dan SMP itu kewenangannya di kabupaten dan kota, sementara itu SMA/SMK ada di provinsi. Ke depan mereka akan menganggarkan mengadakan komputer pada 2020, karena mereka berkomitmen ingin melaksanakan UNBK 100 persen,” ujarnya.

Ia mengatakan, adapun materi ujian yang akan dilaksanakan yakni, bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam. “Untuk UNBK dibagi menjadi 3 sesi, mudah-mudahan UNKP ataupun UNBK bisa berjalan dengan lancar,” tuturnya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here