Uniba Terima Hibah Kemenristekdikti

SERANG, (KB).- Universitas Bina Bangsa (Uniba) menerima dana hibah dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam bidang penelitian. Hal tersebut diperoleh setelah mengajukan proposal dan melalui tahap seleksi yang ketat.

Hal tersebut disampaikan Dosen Uniba penerima dana hibah Samsul Hidayat, di ruang kerjanya, Jumat (8/3/2019).

“Pada 2019 ini, Uniba menerima dana hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Prosesnya pada 2018 mengajukan dan diumumkan pada 2019,” kata Hendra kepada Kabar Banten.

Ia menjelaskan, penerimaan dana hibah itu sebenarnya dilakukan penyeleksian ketat dari Kemenristekdikti. Hal tersebut menjadi bukti Uniba dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama dalam bidang penelitian.

“Tidak hanya saya beberapa rekan dosen dari Uniba pun juga mendapatkannya, kami setiap tahun mendapatkan dana hibah tersebut. Selain itu, kami akan membuka jurnal publikasi, kalau kemarin hanya di internal nanti akan dipublikasikan,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk melakukan penelitian diperkirakan April mendatang, setelah melakukan penandatanganan kontrak. Setiap penelitian mendapatkan jumlah yang berbeda.

“Saat ini baru melakukan penandatanganan kontrak, kemungkinan April mendatang untuk melakukan penelitian. Kembali lagi yang menentukan tersebut dari pihak Kemenristekdikti,” ucapnya.

Ia menjelaskan, pihaknya mengusulkan di dalam proposal tersebut, namun kepastiannya kepada hasil dari kemenristekdikti, jadi jumlahnya belum bisa dipastikan.

“Kami hanya tinggal mempersiapkannya, nanti ada laporan awal, laporan akhir. Kemudian ada persentasi per wilayah yang dihadiri langsung dari Kemenristekditi. Alhamdulillah setiap tahun Uniba memperoleh dana hibah ataupun pengabdian kepada masyarakat,” tuturnya.

Ia berharap, perolehan dana hibah tersebut sebagai tugas dari Tri Dharma. Juga dari dosen, penelitian, pengabdian kepada masyarakat.

“Setelah mendapatkan dana hibah tersebut, kita bisa meningkatkan kemampuan risetnya. Karena kan ada proses penimbangan, uji dan proses penetapan. Dan juga bisa bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa,” katanya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here