Uniba Kukuhkan 15 Kepengurusan UKM

Rektor Universitas Bina Bangsa (Uniba) Furtasan Ali Yusuf melantik kepengurusan Organisasi mahasiswa (Ormawa), di Auditorium Uniba, Jumat (22/3/2019). Kali ini, sebanyak 15 kepengurusan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dikukuhkan.

Furtasan mengatakan, mahasiswa harus memiliki beberapa kompetensi atau karakter, sehingga mampu berpikir kritis, kreatif, bekerja sama, berinovasi, dan berjiwa entrepreneur.

“Organisasi untuk mewadahi mahasiswa mengembangkan minat dan bakat mereka. Saat ini ada 15 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada di kampus, dan masih banyak UKM yang belum dibentuk,” kata Furtasan kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, mahasiswa merupakan stakeholder utama sebuah perguruan tinggi. Oleh sebab itu, kata dia, maju mundurnya perguruan tinggi sangat ditentukan oleh mahasiswa, karena menempati posisi sangat strategis dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

“Setelah resmi dilantik mereka akan melakukan rapat kerja dan menghasilkan program kerja. Setelah itu kegiatan dan pendanaan jika program tersebut tidak ada dalam program kerja tentu tidak akan mendapatkan pendanaan,” katanya.

Ia mengatakan, mahasiswa mengikuti ormawa selain untuk mengembangkan minat dan bakat, juga untuk menjadi seorang pemimpin. Mahasiswa dapat melaksanakan amanah dengan baik, kegiatan yang dilakukan juga harus berorientasi pada prestasi dan mampu membawa nama universitas lebih luas lagi. “Mahasiswa juga harus berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Uniba Budi Ilham Malik mengatakan, Ormawa merupakan wadah mahasiswa untuk berkreasi. Oleh karena itu, ia berharap sarana UKM dapat dilengkapi dan dapat ditambah.

”UKM bisa memiliki sekretariat yang memadai, karena selama ini numpang. Saya berharap gedung baru segera dibangun, sehingga bisa menjadi sekretariat UKM,” tuturnya.

Ia berharap mahasiswa bisa berpikir kritis, namun tetap dalam koridor yang wajar. Jika terdapat permasalahan, bisa disampaikan kepada bidang kemahasiswaan. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here