Uniba Ingin Wujudkan ”Entrepreneur University”

SERANG, (KB).- Univeristas Bina Bangsa (Uniba) menjadi kampus Entrepreneur University, yakni universitas yang menyatukan konsep pusat peradaban, kebudayaan, dan teknopreneur. Hal tersebut disampaikan Rektor Uniba, Furtasan Ali Yusuf seusai pembukaan OKK Maba Uniba, Sabtu (15/9/2018).

Menurut dia, konsep tersebut akan dikaji secara akademis, visinya mengarah ke situ, sesuai visinya Wali Kota Serang terpilih yang baru, kota peradaban ini berbasis kepada budaya, sehingga Uniba mempunyai jati diri, yakni kampus kerakyatan. Untuk teknopreneur, kata dia, adalah suatu keharusan dan tidak bisa dihindari, karena ke depan eranya digital, era Industri 4.0, maka semua elemen perguruan tinggi harus mengubah visinya.

“Kenapa kampus kerakyatan, karena kampus ini lahir dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Dari sisi pembiayaan pun tidak terlalu mahal dan bisa dicicil serta ini berasal dari rakyat oleh rakyat. Maka, kami punya konsep jati diri namanya kampus kerakyatan sebagai pusat unggulan, pusat peradaban kalau bisa pusat kebudayaan Banten adanya di sini, ini cita-cita kami. Mudah-mudahan ini bisa selaras dengan visi-misi dari wali kota terpilih sekarang ini. Kami akan meningkatkan ekonomi secara digital dan mengedepankan entrepreneur kalau tidak kami akan tertinggal,” ujarnya.

Ia menuturkan, sudah mengantsipasi untuk ke depan. Tidak untuk melihat ke belakang, tetapi melihat ke 10-15 tahun ke depan, sehingga entrepreneur university menjadi cita-cita, mudah-mudahan bisa terwujud ke depannya, strateginya untuk memasukkan ke dalam kurikulum semua jurusan yang ada di Bina Bangsa ini akan mengenal mata kuliah kewirausahaan. “Kami akan ajarkan untuk mahasiswa dari semester 1-8 ada mata kuliah tersebut. Cirinya, bahwa universitas mengarah kepada berbasisi entrepreneur university,” tuturnya.

Wali Kota Terpilih, Syafrudin mengatakan, kehadiran Uniba yang semula STIE sekarang menjadi Uniba kehadirannya yang sangat diharapkan masyarakat Kota Serang. Menurut dia, kehadiran ini menjadi yang dinanti-natikan oleh masyarakat Kota Serang tidak jauh-jauh untuk kuliah di universitas, Insya Allah Uniba bisa menampung masyarakat Kota Serang, Kabupaten Serang atau di luar Serang.

“Masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk bisa kuliah ke luar, mayarakat bisa menjadikan Uniba salah satu tempat untuk menuntut ilmu, dengan biaya kuliah terjangkau, sekarang menjadi universitas, Insya Allah bisa menampung masyarakat Serang, Kabupaten Serang atau di luar Kota Serang,” ucapnya.

Visi dan misi Kota Serang yang akan datang, kata dia, yaitu menuju Kota Serang pusat peradaban, berbudaya sinkron dengan visi dan misi Uniba, artinya yang paling utama dikaitkan dengan kualitas pendidikan sert sarana pendidikan.

“Insya Allah Kota Serang dengan Uniba ini akan sinkron visinya. Pesan untuk mahasiswa baru, kami berharap dalam orientasi perekenalan mahasiswa baru ini dikuti dengan baik, dengan serius dan ke depan belajar dengan sungguh-sungguh, sehingga anak-anak kami ini menjadi harapan bangsa dan masyarakat,” ujarnya. (DE)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here