Selasa, 21 Agustus 2018

Uniba Belum Menerapkan Kuliah Jarak Jauh

SERANG,(KB).- Universitas Bina Bangsa (Uniba) Serang belum siap untuk menyelenggarakan perkuliahan jarak jauh. Butuh persiapan matang untuk menyelenggarakannya. Sistem belajar jarak jauh memiliki banyak kendala dalam pelaksanaannya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Kemahasiswaan Uniba, Budi Ilham Malik, mengatakan perkuliahan jarak jauh dapat mengoptimalkan layanan pendidikan tinggi kepada kelompok masyarakat yang tidak dapat mengikuti pendidikan secara tatap muka. Sistem pendidikan jarak jauh juga mempermudah akses pembelajaran dan sumber belajar sehingga dapat terjangkau mahasiswa.

“Saat ini Uniba masih dalam pengembangan institusi baik teknologi ataupun kompetensi. Perkuliahan jarak jauh memerlukan persiapan yang matang. Untuk meningkatkan mutu akademik berkenaan dengan penyelenggraan perkuliahan jarak jauh, baik terkait dengan kode etik maupun aturan hukumnya,” katanya belum lama ini.

Ia menjelaskan kuliah jarak jauh tentu memanfaatkan media digital. Jangan sampai masalah infrastruktur belum terjaungkau. Banyak yang perlu disiapkan. Selain itu, kesiapan dari prodi mana yang akan melakukan perkuliahan jarak jauh tersebut dan sudah memiliki akreditasi.

“Kesiapan sumber daya manusia untuk menyusun atau modul pembelajaran secara kuliah jarak jauh. Paradigm pembelajaran tersebut tetap menjadi orientasi dalam upaya untuk berperan aktif menempatkan diri di era perkembangan teknologi informasi modern. Program kuliah kuliah jarak jauh perlu adanya perluasan jangkauan pendidikan kepada warga yang berada di Daerah,” jelasnya.

Sebelumnya, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir menargetkan peraturan soal pendidikan jauaj jauh atau e-learning perguruan tinggi yang ditetapkan dalam peraturan Kemenristekdikti. “Di era digitalisasi, saatnya membuka kuliah jarak jauh atau e-learning. Kita harus siap dengan perubahan zaman yang mau tak mau menggunkan teknologi informasi, inovasi salah satunya perkuliahan jarak jauh. E-learning keharusan di era teknologi,”ujarnya. (DE)***


Sekilas Info

Wahidin Halim: Ayo Cermati Pergub Pendidikan Gratis

Tak terasa, setahun sudah program pendidikan gratis berjalan di Provinsi Banten. Di Jawa Timur, pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *