Uniba Ajak Santri Berwirausaha

Santri Pondok Pesantren Al Mubarok Kota Serang mengikuti pelatihan kerajinan tangan dari akrilik bersama tim dosen Univeritas Bina Bangsa, di Aula Pondok Pesantren Al Mubarok Kota Serang, Selasa (17/9/2019).*

SERANG, (KB).- Tim dosen Universitas Bina Bangsa (Uniba) menggelar pelatihan kewirausahaan menuju santripreneur dalam Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) sebagai pengabdian kepada masyarakat, di Pondok Pesantren Al-Mubarok Kota Serang, Selasa (17/9/2019). Kegiatan tersebut untuk mengajak santri untuk berwirausaha.

Ketua Tim PKMS Uniba Syamsul Hidayat mengatakan, pengabdian masyarakat tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui program pelatihan kewirausahaan.

“Kami bersama tim Pengabdian yakni Nani Rohaeni, dan Muhammad Saleh, memberikan pelatihan kewirausahaan membuat kerajinan tangan dari bahan akrilik dan mote. Diharapkan mereka menjadi pionir dalam membangun santripreneur di Al Mubarok,” kata Syamsul kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, santri yang mengikuti pelatihan tersebut mampu menjadi pionir dalam membangun santripreneur. Sehingga kreativitas terus berkembang dan dapat meningkatkan keterampilan serta menghasilkan produk yang bernilai ekonomis.

“Kami ingin berbagi pengalaman bersama santri karena jarang sekali mereka mengikuti pelatihan wirausaha. Kami berharap dapat menumbuhkan jiwa wirausaha, kegiatan tersebut juga untuk mendorong pihak mitra agar mengembangkan santripreneur kedepannya,” ujarnya.

Praktisi dan akademisi wirausaha di Banten Liza Mumtazah Damarwulan mengatakan, peserta yang mengikuti membuat kerajinan tangan kotak tisu dari bahan akrilik dan mote. Proses tersebut membutuhkan kesabaran dan ketelatenan sehingga dapat menghasilkan produk yang diperhitungkan.

“Santri dapat memiliki produk dari hasil pelatihan, diharapkan bisa menjadi usaha keterampilan santri bahkan menjadi usaha yang unggul di Podok Pesantren Al Mubarok,” tuturnya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here