Undangan Diestimasi 2000 Orang, DPRD Kabupaten Serang 2019-2024 Segera Dilantik

SERANG, (KB).- Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serang akan menyiapkan sekitar 2.000 undangan untuk pelantikan anggota DPRD Kabupaten Serang terpilih periode 2019-2024. Setelah pelantikan tersebut akan dipilih pimpinan dewan sementara yang didasarkan dari usia tertua dan termuda.

Sekretaris Dewan Odi Budiono mengatakan, saat ini dokumen hasil pleno calon anggota DPRD terpilih telah diserahkan ke Bupati Serang. Selanjutnya akan diserahkan ke Gubernur Banten. “Kita tinggal tunggu dari gubernur,” ujarnya kepada Kabar Banten, Rabu (21/8/2019).

Odi menjelaskan, untuk waktu pelantikan sementara masih dijadwalkan sesuai SK terakhir yakni tanggal 3 September. Untuk itu pihaknya masih coba mengejar kapan waktu pasti pelantikan tersebut.

“Kita coba kejar kira kira tanggal berapa selesai kita cetak undangan langsung. Cuma kalau persiapan sudah dilakukan termasuk rekap alamat masing – masing anggota yang akan dilantik,” katanya.

Ia menjelaskan, pada saat hari pelantikan juga akan dipilih dua pimpinan sementara dewan yang ditentukan berdasarkan usia tertua dan termuda. “Nanti dirapatkan antara pimpinan sementara dan anggota. Biasanya dua yang paling tua dan paling muda. Tugasnya seperti pimpinan tapi tidak permanen, artinya hanya hal administrasi,” katanya.

Pimpinan sementara ini akan bertugas sampai terbentuknya pimpinan definitif dan alat kelengkapan definitif. “Tergantung dari fraksi parpol waktunya (berapa lama menjabat), kalau mereka ingin cepat ya cepat, kesepakatan fraksi itu nanti. Alot kan di komisi, kalau pengalaman tahun lalu sampai sebulan baru lengkap. Tapi itu situasional,” tuturnya.

Ia mengatakan, mekanisme pemilihan pimpinan sementara ini diatur dalam protap Permendagri. Sementara untuk undangan pelantikan, kata Odi, diestimasi sekitar 2.000 orang. “Undangan dihitung dari keluarga anggota saja lima orang, suami istri dan anak anaknya atau orang tuanya. Sekitar 2.000 orang itu untuk anggotanya dan keluarga,” ucapnya.

Untuk pengamanan akan melibatkan Polres, Kodim, Satpol PP dan Dinas Perhubungan. Kemudian juga untuk pengaturan parkir akan berkoordinasi dengan pihak Kota Serang. “Kalau disini pasti tenda, enggak akan masuk semua di dalam paling 300 orang. Iyah pengamanan kaya mau demo saja. Kita minta bantuan termasuk Satpol PP, cuma yang tahu protapnya polres,” ujarnya.

Odi mengatakan, untuk pelantikan akan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Serang dan SK ditandatangani Gubernur Banten. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here