Unbaja Gelar Workshop Kewirausahaan

Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi (PIBiT) Universitas Banten Jaya melaksanakan workshop kewirausahaan yang dilaksanakan di Auditorium Kampus 1 Universitas Banten Jaya Rabu (24/4/2019).

Workshop menghadirkan tiga narasumber yaitu Rio Agusriansyah, Iyan Sunarya Sebagai Owner Meravelo dan Ryan Syarif Hidayatullah pengusaha hydroponik.

Ketua Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi (PIBIT) Sukarta Atmaja pada laporannya menyampaikan acara ini mengambil tema “Membentuk Jiwa Kewirausahaan Bersama Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi” yang bertujuan untuk membentuk kepribadian dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam diri peserta.

Sukarta mengatakan peserta dapat menyimak dan memanfaatkan ilmu yang disampaikan oleh para pemateri dan mampu mengaplikasikannya sehingga nanti muncul para pengusaha muda yang mau berkarya, berinovasi yang akan bermanfaat untuk diri sendiri, masyarakat dan lingkungan kita buktikan bahwa lulusan unbaja dapat bersiang di era Industri 4.0 dan mampu menjadi pengusaha muda yang menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran di Banten.

Tata, panggilan akrab Ketua PIBIT Unbaja Sukarta Atmaja, mengatakan ilmu dasar wirausaha harus di gali sehingga menjadi pondasi kesuksesan yang kuat dan harus mempunyai mentor untuk mengarahkan agar kita tidak salah arah dan tujuan.

Rektor Unbaja Sudaryono mengatakan self disipline kunci kesuksesan menanamkan kedisiplinan karena jika disiplin sudah ada dalam diri maka segala program atau kegiatan akan terkelola dengan baik mengingat karena seorang entrepreneurship harus memiliki jiwa kedisiplinan yang tinggi. Apalagi, kata dia, dengan adanya Prodi Kewirausahaan akan lebih membentuk seorang pengusah muda yang sukses.

Tak hanya itu, kata Sudaryono, Unbaja juga memiliki Bajaponik yaitu usaha tanaman Hidroponik yang sekarang sudah berkembang dan muali dipasarkan di beberapa rumah makan di Serang.

“Semoga kedepan dapat menjadi usaha yang besar dan merambat luas ke seluruh Indonesia .Karena dalam revolusi Industri 4.0 kedisiplinan,kritis,kreatif dan komunikasi sangatlah penting saya harap semua mahasiswa berbicara bahasa Inggris di lingkungan Universitas Banten Jaya,” katanya.

Pemateri Rio Agusrainsyah menyampaikan seoarang entepreneur itu harus memiliki semangat yang tinggi untuk menjadi pengusaha muda sukses. Menurut dia, seorang pengusaha merupakan salah satu penunjang negara itu maju yang mampu menciptakan lapangn pekerjaan.

Ia meminta para mahasiswa jangan malas tetapi harus terus berusaha dan berkarya. “Memang menjadi seorang pengusaha itu tidaklah mudah banyak kegagalan yang di hadapi tapi dengan kegagalan itu terus bangkit dan bangkit maka kesuksesan lah yang akan menghampiri,” katanya. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here