Umrah Kedua Kali Dibebani Biaya Visa Progresif

Bakda Salat Ashar Masjidil Haram penuh oleh jemaah haji untuk melaksanakan umrah maupun ibadah lainnya.*

SERANG, (KB).- Bagi jemaah yang baru pertama kali berangkat umrah, biaya visa progresif ritual ibadah di Kota Suci Mekkah tersebut berkurang SR 2.000 atau sekitar Rp 8 juta sejak 9 September 2019. Pengurangan biaya visa progresif itu akan dibebankan kepada mereka yang umrah kedua kali atau lebih dari satu kali.

Kepala seksi (Kasi) Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Banten Deni Rusli, saat ditemui di Kemenag Banten, Kamis (12/9/2019).

“Biaya visa progresif tidak akan dikenakan kepada yang baru pertama kali berangkat haji atau umrah. Namun akan dikenakan bagi jemaah ibadah haji dan umrah yang berangkat kembali,” kata Deni kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, visa progresif tersebut menjadi kabar gembira bagi jemaah yang rutin umrah saat visa progresif dihilangkan. Sejak 9 September 2019, biaya tersebut yang sebesar SR 2.000 atau Rp 8 juta sudah tidak diberlakukan oleh Pemerintah Arab Saudi bagi jemaah umrah.

“Ini menjadi kabar gembira bagi jemaah yang akan melaksanakan ibadah haji dan umrah ke Tanah Suci. Selain itu, dapat meringankan serta memudahkan, memperlancar jemaah untuk melaksanakan umrah,” ujarnya.

Ia berharap, jemaah yang akan melaksanakan ibadah umrah dapat menjalankan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan sesuai dengan manasik umrah.

“Penghapusan visa progresif tersebut sangat bersyukur kepada Allah. Diharapkan bisa meringankan, mempermudah untuk memberikan peluang kepada umat Islam untuk berkesempatan melaksanakan ibadah umrah,” tuturnya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here