UMKM Diharapkan Berkontribusi dalam Pembangunan

Keberadaan usaha menengah, kecil, dan mikro UMKM diharapkan mampu berkontribusi dalam percepatan pembangunan di Kota Serang. Terutama dalam menunjang sektor wisata religi yang menjadi ikon Kota Serang. Apalagi, seiring perkembangan zaman digitalisasi seperti saat ini.

Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin mengatakan, para pelaku UMKM di Kota Serang seharusnya dapat mengemas produk dan kreatif dalam membuat suatu usaha. Sebab, potensi di Kota Serang cukup besar untuk berwirausaha.

“Padahal, kalau kemasan maupun pemasarannya sudah bagus, saya punya keyakinan produk tersebut, dapat dijual di mal-mal yang ada di Kota Serang,” katanya, Kamis (12/12/2019).

Selain itu, dia meminta kepada seluruh pelaku UMKM serta pihak terkait dapat berinovasi dalam pengembangan usaha. Tidak hanya itu, dalam pertumbuhan ekonomi, UMKM juga harus terlibat dalam kepariwisataan. Khususnya wisata religi yang ada saat ini, yakni wisata ziarah di Kawasan Banten Lama.

“Kan bisa dari sisi oleh-oleh khas daerah Banten atau Kota Serang. Jangan ini justru menjual, dodol dari Garut, kerak nasi dari Cirebon,” ujarnya.

Ia menilai, permasalahan yang menjadi para pelaku UMKM di Kota Serang adalah permodalan. Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang akan membantu melalui corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan yang ada.

“Untuk meningkatkan keberadaan UMKM di Kota Serang, harus dari kebersamaan yang dibangun antara pemerintah, pelaku UMKM, maupun perusahaan yang bisa menyalurkan CSR kepada mereka,” ucapnya.

Sementara, anggota DPRD Kota Serang dari Fraksi PKS Nur Agis Aulia menuturkan, keberadaan UMKM saat ini, khususnya dalam bidang ekonomi kreatif akan memiliki payung hukum dan perlindungan melalui peraturan daerah (Perda) yang sedang digodok oleh pihaknya.

“Insyaaallah nanti dengan adanya Perda Perlindungan Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Perda Kewirausahaan Pemuda, dukungan dari Pemkot Serang akan lebih dimaksimalkan kembali, sehingga para pelaku UMKM di Kota Serang bisa lebih leluasa dan mudah dalam berwirausaha,” tuturnya. (Rizki Putri/Yandri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here