Jumat, 14 Desember 2018

UMKM di Kabupaten Serang Harus Go Nasional

SERANG, (KB).- Gelaran pameran inovasi daerah, UMKM dan pasar rakyat tahun 2018 di Kecamatan Pamarayan memberikan porsi lebih besar pada industri kreatif atau UMKM. Oleh karena itu diharapakan gelaran tersebut menjadi ajang promosi dan pengenalan produk UMKM di kabupaten serang agar bisa go nasional.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, saat ini inovasi dari masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah muncul. Hal itu tentu menambah baiknya pelayanan kepada masyarakat. Selain itu kreatifitas masyarakat pun semakin baik. “Kita berharap produk unggulan di Kabupaten Serang bisa masuk ke pasar nasional,” ujarnya kepada Kabar Banten, Kamis (11/10/2018).

Tatu mengatakan, untuk produk UMKM tahun ini memang diberikan porsi lebih besar dengan kata lain industri kreatif menjadi pemeran utamanya. Bahkan dalam sambutannya Tatu pun tidak segan menyebut industri kreatif sebagai penyumbang yang besar terhadap PDB.

“Terutama Kabupaten Serang industri kreatif menjadi pemecah masalah pengangguran. Jadi kalau diciptakan lapangan kerja dari UMKM itu lebih mudah daripada ke industri dan PNS itu terbatas,” katanya.

Menurut dia, yang menjadi sasaran utama dalam pameran inovasi dan pasar rakyat ini bukan hanya jumlah pengunjung. Tapi dampak terhadap UMKM, sehingga pengunjung yang datang bisa melihat produk UMKM dan menilainya.

“Layak untuk nasional atau tidak, sehingga bisa dipasarkan ke nasional itu yang terpenting. Ini ajang promosi mereka salah satunya,” ucapnya.

Sedangkan mengenai inovasi desa, diharapkan kedepan desa melaluinya BUMDes nya bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Salah satunya melalui pembentukan destinasi wisata yang kemudian bisa menjadi sumber PAD.

“Harapannya kedepan semua desa punya inovasi untuk memunculkan potensi yang ada di desa masing masing. Sehingga bisa mensejahterakan masyarakat dan menambah PAS desa sendiri,” ujarnya.

Kemudian, kata Tatu, inovasi yang muncul itu yang terpenting bisa mudah diakses masyarakat. “Jadi jangan hanya kita yang tahu tapi masyarakat juga karena itu untuk masyarakat,” ucapnya.

Sementara, Kepala Diskoperindag Kabupaten Serang Abdul Wahid mengatakan, dalam kegiatan ini diharapkan bisa mendatangkan pengunjung sebanyak banyaknya.

“Kalau kita harapan maskimal banyak karena ini dari tahun lalu bisa ramai. Karena ini pesta rakyat dan inovasi. Kita mengundang se Banten tapi alhamdulilah pejabat Banten juga datang,” ujarnya.

Wahid mengatakan, pameran ini merupakan kegiatan tingkat kabupaten. Namun kedepan diharapkan ada promosi lebih besar lagi, sehingga bisa sampai ke tingkat nasional. Terlebih dalam kegiatannya ada bedolan Pamarayan yang menjadi objek wisata.

“Kalau untuk peserta UMKM, kita sih pilih yang bagus tapi mereka dikasih cluster misalnya produk sepatu maka semuanya sepatu. Jadi dikasih ruangan tersendiri berdasarkan jenisnya tidak mencar. Yang menjadi unggulan makanan khas,” tuturnya. (DN)*


Sekilas Info

107 ASN Pemkab Serang di Rotasi, Dua Jabatan Eselon II Kosong

SERANG, (KB).- Sebanyak dua jabatan eselon dua di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, yakni Kepala Badan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *