Jumat, 14 Desember 2018

ULAMA TUNISIA KUNJUNGI PONPES DAAR EL ISTIQOMAH KOTA SERANG

SERANG, (KB).- Ulama sekaligus Guru Besar Ilmu Ushuluddin Universitas Zaitunah Tunisia, Prof.Dr. Abdel Kader Annafati, berkunjung ke Pondok Pesantren Modern Daar El Istiqomah (PPMDI) Kampung Kesawon, Kelurahan Sukawana, Kota Serang.

Kehadiran Prof. Abdel Kader ke pesantren tersebut merupakan upaya salah seorang anggota MUI Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasioanal yang telah menyelesaikan Magister dan Doktoral di Universitas Zaitunah Tunisia, Dr. Dede Permana.

Syekh Annafati berkunjung ke PPMDI setelah sebelumnya mengisi acara seminar Internasional di Palu dan MUI Banten, Jumat (21/9/2018). Annafati bersama ulama asal Libanon Syeh Fadi Alamudin mengisi seminar internasional tentang moderatisme dalam Islam di MUI Provinsi Banten.

Seusai mengisi acara di MUI, atas tawaran Dr.Dede kepada Ust. Kholid Ma’mun, salah seorang guru di Pesantren Istiqomah, maka jadilah kunjungan sekaligus penyampaian orasi ilmiah kepada santri PPMDI. Orasi ilmiah yang disampaikan Prof. Abdel Kader kepada santri, berkaitan tentang “motivasi belajar”.

Dalam penyampaiannya, Syekh Annafati mengatakan agama Islam sangat memperhatikan ilmu pengetahuan. Sebagai bukti akan hal ini adalah, dengan diturunkannya firman Allah Swt untuk pertama kalinya yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad, yaitu tentang iqro atau seruan untuk membaca.

Syekh Annafati dalam penyampaiannya juga mengatakan, “Orang yang tak berilmu maka tak akan ada nilainya di hadapan orang. Orang yang tak berilmu akan selalu terjajah. Oleh sebab itu, para santri harus bersemangat dan sungguh-sungguh dalam belajar,” ungkapnya.

Selain menyampaikan orasi ilmiah di hadapan santri, Syekh Annafati juga menjadi imam Solat Subuh dan menyampaikan kultum seusai solat. Pesan Syekh Annafati kepada santri, agar selalu mengkaji Alquran. Sebab, Alquran adalah sumber segala ilmu. Alquran adalah firman Allah yang memberi ketenangan kepada pembacanya.

Sementara pengasuh Pondok Pesantren Daar El-Istiqomah, KH. Sulaeman Ma’ruf mengucapkan terimakasih tak terhingga atas kunjungan Syekh Annafati. “Semoga kehadirannya di Pesantren Istiqomah membawa banyak manfaat dan keberkahan bagi keluarga besar pesantren,” jelasnya. (KO)*


Sekilas Info

Unma-Kabar Banten Dorong Potensi Pendidikan

Universitas Mathla’ul Anwar (Unma) bersepakat dengan Harian Umum Kabar Banten untuk mendorong potensi pendidikan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *