UKM Prima UIN SMH Banten Mengabdi dengan Meneliti

Peserta UKM Prima UIN Banten foto bersama dengan Camat Pulosari.*

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pusat Riset Mahasiswa (Prima) di Universitas Islam Negeri (UIN) Banten menggelar acara Kemah Riset Studi Kawasan (KRSK), dengan tema “Implementasi Ilmu-ilmu Penelitian Dengan Dasar Profesionalitas untuk Mewujudkan Kepekaan Sosial”.

Kegiatan tersebut, diselengarakan di Kampung Kadupalupuh, Desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Selasa (6/8/2019).

Ketua Pelaksana KRSK Dinda Rukmana mengatakan, hal tersebut adalah tahap kaderisasi UKM Prima UIN Banten, juga bentuk implementasi tri dharma perguruan tinggi, pendidikan, penelitian, dan pengabdian yang akan diterapkan dalam bermasyarakat.

“Teknisnya, peserta yang mengikuti KRSK akan melakukan pengabdian sekaligus penelitian selama 2 minggu. Objeknya, yaitu masyarakat sekitar dan subjeknya ada tiga, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pandeglang, Sekolah MI Al-Maarif Cilentung, serta SDN Cilentung 1,” ujarnya.

Ketua umum UKM Prima UIN Banten Iman Firdaus menjelaskan, bahwa KRSK merupakan tahapan kaderisasi kedua di UKM Pusat Riset Mahasiswa setelah BOOK and Pen (Basic Orientasi Organisasi Kaderisasi dan Penelitian).

“Para pesertanya merupakan anggota baru yang masuk ke UKM Prima dengan syarat mengikuti kaderisasi tahap awal tadi yang terdiri dari beberapa jurusan yang ada di Kampus UIN SMH Banten,” ucapnya kepada Kabar Banten.

Kegiatan tersebut, dia menuturkan, merupakan bentuk implementasi riil di lapangan dari materi yang telah didapatkan sebelumnya.

“KRSK merupakan kegiatan riset yang dibarengi dengan pengabdian masyarakat dengan bertempat di suatu daerah yang memiliki nilai untuk mendapatkan hasil yang dilakukan riset guna mengembangkan dan memajukannya,” tuturnya. (Azzam/Yandri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here