Ujian CASN Pemprov Banten Digelar Februari

SERANG, (KB).- Tes berbasis komputer atau computer assisted test (CAT) seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Pemprov Banten dilaksanakan pada 19 sampai 29 Februari 2020.

Tes dilaksanakan di Badan Pengelolaan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Banten, Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang.

Kepala Sub Bidang Perencanaan, Pengadaan dan Pengangkatan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Ade Nuryasin mengatakan, jumlah peserta yang ikut CAT CASN Pemprov Banten mencapai 5.808. Mereka merupakan nama-nama yang sudah dinyatakan lolos seleksi administrasi.

“Total yang ikut tes 5.808,” katanya, saat dihubungi wartawan melalui sambungan seluler, Senin (27/1/2020).

Sejauh ini persiapan sudah hampir rampung. Beberapa penunjang pelaksanaan CAT CASN Pemprov Banten juga sudah disediakan, mulai dari tempat, komputer sampai jaringan internet.

“Komputernya kan cuma yang dipakai 160,” katanya.

Peserta diwajibkan datang membawa KTP dan nomor tes. Mereka juga diwajibkan hadir di lokasi tes sebelum jam CAT dimulai. Sebab, sebelum masuk ruangan akan dilakukan registrasi terlebih dahulu.

“Apabila sudah lewat, misalkan sudah mulai ya itu dia sudah tidak masuk, sudah gugur,” ujarnya.

Pelaksanaan CAT akan dibagi dalam beberapa sesi dengan pembagian untuk pertama dan Jumat terdapat empat sesi. Sementara hari yang lainnya dibagi lima sesi. Setiap sesi CAT terdapat 160 peserta, atau menyesuaikan dengan jumlah komputer yang tersedia.

“Jadi sesuai dengan waktu sesi, sesi kedua ganti (peserta) lagi,” ucapnya.

Adapun soal yang harus diisi berjumlah 100 terdiri atas beberapa bagian yaitu tes wawasan kebangsaan, tes kepribadian dan tes intelegensi umum (TIU). Soal-soal tersebut langsung dipersiapkan oleh pemerintah pusat. Daerah hanya diberikan wewenang untuk menyediakan lokasi dan peralatannya.

CAT ini bersifat wajib bagi peserta, jika tidak hadir maka yang bersangkutan dinyatakan gugur. Dengan demikian, peserta bersangkutan otomatis tak bisa mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

“Dalam waktu dekat akan diumumkan (tentang pelaksaan CAT),” tuturnya.

Kepala BKD Banten Komarudin meminta seluruh peserta CASN tidak tergoda oleh iming-iming pihak tertentu yang berjanji bisa meluluskan sebagai ASN dengan meminta sejumlah imbalan. Kata dia, tes CASN saat ini sudah ketat mengingat salah satu tahapan tesnya menggunakan komputer.

“Jangan mudah percaya, karena rekrutmen sudah sangat ketat,” katanya.

Ia juga meminta seluruh peserta memantau perkembangan informasi CASN dengan mengakses website BKD maupun Pemprov Banten.

“Selalu pantau perkembangannya, kami juga selalu menginformasikan melalui website,” ujarnya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here