Uji Kelayakan Kendaraan, Pemkab Lebak Bentuk Tim Gabungan

LEBAK, (KB).- Pemkab Lebak akan membentuk tim gabungan yang bertugas memeriksa kelayakan kendaraan angkutan mudik lebaran 2019. Para pengusaha juga diimbau agar terlebih dahulu mengecek kendaraannya secara internal.

“Tim uji kelayakaan kendaraan angkutan lebaran akan segera dibentuk. Tetapi, sebelum uji kelayakan dilaksanakan oleh tim, sebaiknya pemilik angkutan atau perusahaan memeriksa kendaraannya secara internal,” kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Mandala Lina Darlina, Jumat (10/5/2019).

Ia mengatakan, jumlah trayek angkutan melalui Terminal Mandala cukup banyak. Untuk itu, agar pada saat pemeriksaan kelayakan kendaraan nanti dilakukan lebih teliti dan tak ada bus yang terlewatkan untuk diperiksa. Maka, pihaknya membentuk tim gabungan.

“Yang paling mendasar untuk diperiksa pada bus angkutan lebaran yaitu rem, bagian kaki-kaki roda, serta semua lampu sen dan lampu bagian depan bus,” ujar Lina Darlina.

Selain melakukan uji kelayakan pada bus angkutan lebaran, kata dia, tim gabungan bersama dengan Badan Nasional Narkotika (BNN) Banten juga akan melakukan tes urine kepada seluruh sopir bus angkutan lebaran. Hal itu sengaja dilakukan karena khawatir terhadap keselamatan penumpang bus yang akan mudik lebaran.

“Kami akan larang sopir mengendarai busnya, jika dalam tes urine dinyatakan positif mengonsumsi narkoba,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lebak Sumardi mengatakan, dalam pemeriksaan angkutan lebaran nanti, tim gabungan bisa merekomendasikan apakah bus-bus yang ada boleh atau tidak dioperasikan sebagai angkutan lebaran.

“Demi keselamatan penumpang, kami harus tegas dan teliti memeriksa bus angkutan lebaran sebelum dioperasikan,” tuturnya. (ND)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here