Uji Coba SSA di Kota Serang Tahap 3 Ditunda

SERANG, (KB).- Rencana uji coba sistem satu arah (SSA) atau one way tahap tiga di Kota Serang ditunda. Hal tersebut, karena pemkot Serang harus terlebih dahulu memenuhi beberapa hal berkaitan dengan rekomendasi dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten dan Kementerian Perhubungan serta Peraturan Wali Kota (Perwal).

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang Heru Najaya mengatakan, uji coba SSA tahap ketiga akan dilaksanakan pada Senin (13/5/2019) hingga akhir Ramadan.

“Jadi, pernyataan kemarin itu kami ralat, karena masih ada beberapa unsur yang belum dilengkapi. Ditunda terlebih dahulu, karena masih belum bisa terpenuhi semuanya, seperti rekomendasi dan permohonan ke PU Provinsi yang berkaitan dengan median jalan,” katanya, Jumat (10/5/2019).

Beberapa hal yang harus terpenuhi, yaitu aspek keselamatan, meliputi median jalan dan radius tikung. Kemudian rekomendasi, perwal, dan rambu-rambu lalu lintas. Apabila semua unsur tersebut terpenuhi, SSA sudah bisa diuji coba.

“Nanti kami akan mulai setelah semuanya selesai. Kami belum bisa menentukan kapan, karena masih ada beberapa rekomendasi yang belum dipenuhi. Tapi, kami berharap ini bisa cepat selesai dan diharapkan proses rekomendasi ini tidak lama,” ujarnya.

Ia menjelaskan, keputusan tersebut, juga mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Hal tersebut, juga sesuai dengan kesepakatan antara Dishub Kota Serang dan pihak kepolisian.

“Penerapan sistem satu arah dilakukan untuk menurunkan tingkat kecelakaan dan meningkatkan kapasitas jalan dengan mengurangi titik konflik. Maka dari itu, kami hentikan dulu untuk sementara ini sampai semuanya dilengkapi,” ucapnya.

Ia menjelaskan, SSA bukan merupakan program selamanya, akan tetapi dikondisikan dengan kondusivitas jalanan. Jika di jalur SSA sudah tidak lagi macet, akan dikembalikan seperti biasa.

“Saya tidak bisa memperkirakan, tapi keinginan sih cepat selesai. Kami akan sampaikan semuanya kalau sudah selesai. Pada intinya, SSA ini terhenti sementara untuk melengkapi proses administrasi sarana pendukung dan median jalan dan lainnya,” tuturnya.

Sementara, Kepala Satuan (Kasat) Lalu lintas (Lantas) Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ali Rahman menuturkan, meskipun SSA tersebut dihentikan sementara, pihaknya tetap berupaya, agar jalanan Kota Serang tidak macet.

“Sementara ini masih berjalan dan masih normal seperti biasanya. Jadi, sesuai dengan kesepakatan juga, SSA ini akan dilanjutkan sampai yang disebutkan tadi (unsur-unsur) itu terpenuhi dan kami masih tetap melakukan tugas kami untuk mengatur lalu lintas, agar tidak macet,” katanya.

Ia berharap, administrasi dan pendukung lainnya segera diselesaikan. “Saya kira apabila semua ini sudah selesai, SSA ini akan segera diterapkan dan bisa langsung diterapkan secara permanen di Kota Serang,” ujarnya. (Rizki Putri/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here