Uji Coba SSA di Kota Serang, Syafrudin: Efektif Urai Kemacetan

Syafrudin, Wali Kota Serang.*

SERANG, (KB).- Wali Kota Serang Syafrudin menilai, sistem satu arah (SSA) atau jalan satu arah yang saat ini sedang diuji coba di sejumlah ruas jalan efektif mengurai kemacetan. Rencananya, jika disepakati SSA tersebut, akan diterapkan setiap hari dan sehari penuh.

“Saya kira selama dua hari ini (uji coba) efektif untuk mengurai kemacetan. Sekalipun pelan, namun tidak macet,” katanya saat meninjau SSA di Persimpangan Warung Pojok (Warjok), Senin (22/04/2019).

Ia melihat langsung kondisi jalan dan sesekali mencoba mengatur lalu lintas dengan didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang Ahmad Mujimi dan petugas kepolisian.

“Insya Allah kalau SSA ini berhasil, kemudian hasilnya juga baik, maka akan kami lanjutkan hingga full day atau seharian dan apabila memungkinkan ini akan diterapkan setiap hari,” ujarnya.

Ia menuturkan, evaluasi menyeluruh akan dilaksanakan Rabu (24/4/2019) setelah uji coba SSA terakhir pada Selasa (23/4/2019). Pemkot Serang akan memprogramkan dan membuat Peraturan Daerah (Perda) SSA jika disepakati bersama.

“Apabila mendapatkan respons positif dan hasil yang bagus, kami akan buatkan perdanya, agar SSA ini masuk dalam program kerja Pemerintah Kota Serang,” ucapnya.

Bersamaan dengan SSA, dia juga akan membenahi parkir di bahu jalan dan pedagang yang berjualan di atas trotoar. “Insya Allah akan kami benahi terkait parkir liar dan yang mengganggu ketertiban Kota Serang,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dishub Kota Serang Ahmad Mujimi mengatakan, SSA ini merupakan langkah terakhir pemerintah dalam mengurai kemacetan yang terjadi di Kota Serang.

“Sistem ini sudah menjadi solusi terakhir dari kami dan Pemerintah Kota Serang. Jadi, kami juga masih menunggu hasilnya. Rabu besok baru akan kami evaluasi, setelah uji coba ini selesai,” katanya.

Meski banyak masyarakat Kota Serang yang masih kebingungan dan mengeluhkan pemberlakuan SSA, dia akan terus melakukan sosialisasi dan evaluasi, agar masyarakat tidak bingung. “Maka dari itu sesuai evaluasi, kami akan terus bersosialisasi kepada masyarakat, agar tidak kebingungan,” ujarnya.

Sesuai hasil evaluasi hari pertama, pihaknya juga telah menambahkan durasi lampu hijau di setiap persimpangan jalur SSA, seperti di Persimpangan Sumur Pecung yang awalnya 35 detik menjadi 50 detik. Kemudian, di Persimpangan Kebon Jahe dari 30 detik menjadi 50 detik.

Diketahui, SSA diuji coba di ruas Jalan KH Abdul Hadi (satu arah menuju Yusuf Martadilaga Benggala). Kemudian, Jalan Yusuf Martadilaga Benggala (satu arah menuju Alun-alun Kota Serang).

Selanjutnya, JalanKH A Khotib (satu arah menuju Persimpangan Pisang Mas). Lalu, Jalan A Yani (satu arah menuju Persimpangan Ahmad Yani) dan Jalan KH Sochari (satu arah menuju Persimpangan Warung Pojok). (Rizki Putri/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here