Uji Coba Sistem Satu Arah di Kota Serang Diperpanjang

Jalan KH Sochari Kota Serang saat diberlakukan satu arah menuju lampu merah Warung Pojok, Sabtu (20/4/2019).*

SERANG, (KB).- Uji coba sistem satu arah (SSA) atau jalan satu arah di sejumlah ruas jalan di Kota Serang diperpanjang selama empat hari, mulai Selasa (30/4/2019) hingga Jumat (3/5/2019). Keputusan tersebut, diambil berdasarkan hasil evaluasi SSA di Ruang Kerja Wali Kota Serang, pada Rabu (24/4/2019).

Sebelumnya, uji coba SSA dilakukan pada Sabtu (20/4/2019), Senin hingga Selasa (22-23/4/2019) kemarin dengan pola waktu pagi dan sore, yaitu pukul 06.00 WIB-09.00 WIB dan 15.00 WIB-18.00 WIB. Pada perpanjangan SSA nanti, pola waktu akan diubah.

“Jadi, uji coba yang akan dilaksanakan nanti untuk mengevaluasi kembali dan memutuskan apakah SSA ini cocok diterapkan secara permanen di Kota Serang,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kendali Operasi (Dalops) dan Rekayasa Lalu Lintas Angkutan Umum Dishub Kota Serang Heru Najaya.

Ia menjelaskan, untuk uji coba yang kedua kalinya tersebut, akan ada perubahan waktu pemberlakuan SSA. “Hari pertama akan dimulai dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB, kemudian di hari kedua akan dimulai dari pukul 12.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Selanjutnya, di hari ketiga, SSA dimulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB dan di hari keempat, dimulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, karena bertepatan dengan Jumat,” ujarnya.

Ia menuturkan, jika SSA permanen diberlakukan harus dipersiapkan terlebih dahulu Peraturan Wali Kota (Perwal) tentang penetapan jalur-jalur yang digunakan untuk SSA. “Harus kami siapkan dulu kebijakan wali kota terkait jalur-jalur mana saja yang akan ditetapkan,” ucapnya.

Penambahan waktu tersebut, dimaksudkan sekaligus menyosialisasikan kepada masyarakat. Sebab, selama evaluasi SSA yang pertama, masih banyak warga yang belum mengerti jika pemerintah sedang uji coba SSA.

Ia mengatakan, tidak ada kendala selama uji coba SSA yang dilaksanakan kemarin. “Tidak ada kendala yang berarti, bahkan respons dari masyarakat cukup baik. Karena, di sini kami membantu untuk kelancaran kendaraan. Sehingga, jarak tempuh ke tujuan bisa lebih cepat,” tuturnya.

Dalam evaluasi tersebut, juga dibahas mengenai keselamatan masyarakat dalam melewati jalur SSA, baik pengendara hingga pejalan kaki. “Karena, selama uji coba kemarin, pengendara agak cepat, sehingga ini tentunya mengganggu keselamatan penyebrang jalan,” katanya.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Serang Kota AKP Ali Rahman menuturkan, ada perubahan cukup signifikan terhadap kepadatan kendaraan. “Analisa surveyor terkait pelayanan jalan yang semakin meningkat, kemudian antrean tidak panjang. Hasil evaluasi kemarin cenderung mengurangi antrean lampu merah di sejumlah simpang SSA,” ujarnya.

Menurut dia, personel yang diterjunkan sudah cukup ideal pada uji coba kemarin. “Kalaupun ada penambahan personel, nanti kami tambah sedikit-sedikit. Terkait pelanggaran lalu lintas, memang banyak kami temukan. Tapi, ini menjadi pelajaran bagi pengguna jalan terhadap kedisiplinan,” ucapnya. (Rizki Putri/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here