Uji Coba Parkir Elektronik Gagal

LEBAK, (KB).- Uji coba penerapan parkir elektronik yang dilakukan Dinas perhubungan (Dishub) Kabupaten Lebak dinilai gagal. Sebab, boks parkir elektronik yang dipasang di beberapa titik di Alun-alun Rangkasbitung tak dapat difungsikan.

Berdasarkan pantauan, Selasa (17/9/2019), salah satu boks parkir elektronik yang terpasang di sisi timur Alun-alun Rangkasbitung. Tepatnya di depan kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan (Disdukcapil) Lebak tampak tak berfungsi.

Parkir elektronik yang tampak hanya sebuah kotak tanpa mesin. Bahkan, pada bagian dalam boks parkir elektronik yang sudah terpasang hampir satu tahun itu, saat ini terdapat sampah.

“Saya tidak tahu itu kotak fungsinya apa. Kalau dilihat dari tulisannya sih itu kotak parkir elektronik,” kata salah seorang warga Kota Rangkasbitung ditemui di sekitar Alun-alun Rangkasbitung, Selasa (17/9/2019).

Menurut dia, penerapan parkir elektronik tersebut dinilai kurang tepat dan hanya akan membuat mubazir. Sebab, di Lebak belum saatnya diterapkan sistem parkir elektronik semacam itu, terlebih kantong parkir yang ada saja dinilai belum teratur.

“Mau menerapkan sistem parkir elektronik. Lah, pengelolaan kantong parkirnya saja belum jelas dan teratur,” ujarnya.

Hal hampir senada dikatakan warga lainnya, Asep. Menurut dia, uji coba penerapan parkir elektronik hanya menghambur-hamburkan anggaran. Ia melihat konsep dari penerapan sistem parkir juga tidak jelas.

“Tidak jelas konsepnya seperti apa. Kalau seperti ini kan sama saja mubazir,” ucap Asep.

Sementara, Kepala Dinas perhubungan (Dishub) Lebak, Sumardi mengatakan, penerapan boks parkir elektronik yang terpasang di Alun-alun Rangkasbitung bukan bersumber dari kegiatan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten. Namun, itu merupakan proyek perubahan dari bidang pada Dishub Lebak.

“Itu uji coba, tapi memang penerapannya belum suport. Ya, walaupun saat ini tidak berfungsi, kita harap ke depan bisa di terapkan,” tuturnya. (PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here