UIN Banten-Kemenko PMK, Sosialisasi Pembekalan DPL Kukerta

SERANG, (KB).- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) SMH Banten bersama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengelar sosialisasi dan pembekalan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) pada Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Tematik Revolusi Mental (RM), di ruang rapat rektor UIN SMH Banten, Kamis (23/5/2019). Hadir dalam kegiatan tersebut 15 DPL dan kepala Bidang Pendidikan Tinggi Kemenko PMK.

Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) UIN SMH Banten, Maskur menyampaikan bahwa kukerta tematik tahun ini, akan dilaksanakan di Banten Selatan khususnya daerah yang terkena bencana tsunami beberapa waktu lalu seperti Taman Jaya, Tanjung Lesung, Cigeulis hingga Sumur.

“Kukerta dilakukan untuk membantu masyarakat sekitar dalam membangkitkan kemakmuran dan pendidikan di sana dan diikuti oleh 450 mahasiswa yang dibagi menjadi 30 kelompok,” ujar Maskur.

Kepala Bidang Pendidikan Tinggi Kemenko PMK, Mareta Pratiwi menyampaikan bahwa sosialisasi ini dalam rangka pengawasan kuliah kerja nyata (KKN) revolusi mental yang diikuti oleh 24 perguruan tinggi umum dan 9 perguruan tinggi agama Islam, salah satunya UIN SMH Banten.

Ia mengatakan, revolusi mental sangat penting karena saat ini Indonesia mengahadapi berbagai tantangan dari internal dan eksternal dalam membangun bangsa. “Perlu membangun jiwa yang merdeka, mengubah cara pandang, pikiran, sikap dan perilaku agar berorientasi pada kemajuan dan hal-hal yang modern sehingga Indonesia menjadi bangsa yang besar dan mampu berkompetisi dengan bangsa lain di dunia,” tuturnya.

Untuk memperbaiki dan membangun karakter bangsa Indonesia, perlu adanya Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). “Itu semua agar mengacu pada nilai-nilai integritas, etos kerja dan gotong royong untuk membangun budaya bangsa yang bermartabat, modern, maju, makmur dan sejahtera berdasarkan Pancasila,” ujar Mareta. (Azzam/KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here