Turut Sukseskan Pemilu 2019, KPU Berikan Penghargaan kepada Kabar Banten

Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat (Harian Umum Kabar Banten) Rachmat Ginandjar, saat menerima piagam penghargaan dari KPU Kota Serang di salah satu hotel Kota Serang, Selasa (26/11/2019).*

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang memberikan penghargaan kepada media yang sudah ikut serta menyukseskan Pemilu Serentak 2019. Terhitung terdapat sekitar 20 media, seperti cetak, elektronik, maupun radio menerima penghargaan tersebut, salah satunya Harian Umum Kabar Banten.

Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran mengatakan, media sudah membantu menyukseskan Pemilu Serentak 2019, dengan menyebarkan informasi kepada masyarakat, sehingga partisipasi pemilih di Kota Serang sangat tinggi.

“Terbukti peran media sangat tinggi dengan partisipasi pemilih di Kota Serang mencapai 82 persen,” katanya seusai ekspos hasil pemilu dan pemberian penghargaan kepada badan adhoc di Kota Serang serta pemberian piagam kepada Forkopimda dan stakeholder di salah satu hotel Kota Serang, Selasa (26/11/2019).

Ia menuturkan, jumlah partisipasi tersebut, melebihi target nasional yang hanya 77,5 persen, sehingga atas dasar tersebut, dia sangat berterima kasih terhadap andil media pada Pemilu 2019. “Alhamdulillah kami tidak ada PHPU, kemudian penyelenggara juga tidak ada yang ke DKPP,” ujarnya.

Selain media, penghargaan tersebut, juga diberikan kepada TNI dan Polri yang sudah membantu mengamankan proses pemilu hingga selesai. Kemudian, penghargaan juga diberikan kepada PPK PPS, KPPS yang sudah bekerja maksimal selama pemilu.

Ia berharap, penghargaan tersebut, bisa memotivasi PPK, PPS, dan KPPS. “Mereka siang malam, bahkan untuk pencoblosan sampai pagi, sehingga kami mewakili KPU RI memberikan penghargaan itu,” ucapnya.

Pelaksana Kasubag Teknis KPU Prov Banten Danang Arif mengatakan, dengan partisipasi yang tinggi dan tidak adanya sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK), membuktikan, bahwa Pemilu 2019 di Kota Serang berjalan sukses. “Mungkin untuk ke depan evaluasinya ditingkatkan lagi, agar partisipasi di Kota Serang meningkat lagi,” tuturnya.

Dibandingkan 8 kabupaten/kota lain di Provinsi Banten, penyelenggaraan pemilu di Kota Serang jauh lebih baik. Meskipun, masih ada TPS yang menyelenggakan pemungutan suara ulang (PSU). Hal tersebut, kata dia, tidak terlepas dari peran media di Kota Serang.

“Sebetulnya media itu mitra yang sangat strategis untuk penyelenggaraan pemilu terkait publikasi tahapan-tahapan dan hasil penyelenggaraan pemilu. Mudah-mudahan ke depan bisa dijalin lebih baik lagi,” ujarnya. (Masykur/Yandri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here