Tujuh Pejabat Polda Banten Naik Pangkat

SERANG, (KB).- Sebanyak 7 pejabat utama Polda Banten mendapat kenaikan pangkat dari Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) ke Komisaris Besar (Kombes). Ketujuh pejabat tersebut mendapat kenaikan pangkat pada perayaan HUT Bhayangkara bersamaan dengan 388 personel lainnya di halaman Mapolda Banten, Senin (1/7/2019).

Informasi yang diperoleh, kenaikan pangkat 7 pejabat utama Polda Banten dilakukan berdasarkan Surat Telegram Mabes Polri No. STR/396/VI/KEP/2019 tertanggal 25 Juni 2019 tentang Kenaikan Pangkat Reguler Setingkat Lebih Tinggi dari AKBP menjadi Kombes. Pol.

Mereka di antaranya, Kabiddokkes Polda Banten Kombes. Pol dr. Nariyana dan Kabid Humas Kombes Pol. Edy Sumardi. Kemudian, Kabidkeu Kombes Pol. Maya Purnama Ningrum, Dirpamobvit Kombes Pol. M. Hidayat Berkatullah, Kabidkum Kombes Pol. Muhamad Endro, Ka. SPN Kombes Pol. Sony Irawan dan Kabidpropam Polda Banten Yulianus Yulianto.

Dalam amanatnya, Kapolda Banten Irjen Pol. Tomsi Tohir mengatakan, kenaikan pangkat para anggota kepolisian dilakukan sesuai mekanisme yang mengikat. Menurutnya, kenaikan pangkat itu tidak bisa didapat oleh anggota Polri dengan mudah, meski sudah mengabdi sejak lama.

“Kenaikan pangkat bukan sebuah hak yang mutlak dan bersifat instan. Melainkan membutuhkan proses yang panjang dan rekam jejak pengabdian personel,” kata Kapolda saat menjadi inspektur upacara pada apel kenaikan pangkat ratusan personel Polda Banten.

Untuk itu, ia pun berpesan kepada pejabat utama Polda Banten yang mendapat kenaikan pangkat agar bisa terus bersinergi meningkatkan kinerja institusi kepolisian di bawah kepemimpinannya. ”Saudara yang mendapat kenaikan pangkat ini, bagaimanapun harus bisa menjadi teladan di lingkungannya,” ujar Kapolda.

Kapolda pun mengingatkan kepada seluruh anggotanya yang mendapatkan kenaikan pangkat, agar menjadi motivator bagi seluruh personel dan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. Itu dilakukan untuk mewujudkan anggota polri yang profesional, modern dan terpercaya. ”Saudara juga harus bisa berperan aktif dalam menjembatani dan memperkuat kemitraan polri dengan masyarakat,” tuturnya.

Selain 7 pejabat utama, sebanyak 388 personel Polda Banten juga mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Rinciannya, 4 personel Ajun Komisaris Polisi (AKP) ke Komisaris Polisi (Kompol) dan 4 personel Inspektur Polisi Dua (Ipda) ke Inspektur Polisi Satu (Iptu). Selanjutnya, 2 personel Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) ke Inspektur Polisi Dua (Ipda). Dan, kenaikan pangkat bagi 377 personel golongan Bintara.

Kapolda juga mengapresiasi peran para istri-istri personel Polda Banten yang telah mendampingi dan memberikan dukungan kepada suaminya dalam setiap tugas apapun. Dukungan itu dibutuhkan untuk meningkatkan tugas kepolisian sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Terima kasih kepada Bhayangkari atas peran sertanya dalam mendampingi dan memberikan dukungan kepada suami. Sehingga pelaksanaan tugas sebagai anggota Polri dapat berjalan dengan baik,” katanya. (Rifat Alhamidi/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here