Tubagus Ismail, Calon Rektor Untirta

Prof. Dr. H. Tubagus Ismail, SE., MM. Ak, CA.*

Visi: Menjadi universitas berbasis riset Internasional, pusat unggulan IPTEK dan pengembangan kewirausahaan melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Misi: Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian bertaraf nasional dan internasional. Menyediakan akses yang luas untuk pendidikan dan pengajaran. Mengembangkan IPTEK, peningkatan kapabilitas inovasi, kewirausahaan untuk meningkatkan taraf hidup. Menghasilkan lulusan yang berkarakater dan mampu bersaing secara global.

Tujuan: Meningkatkan relevansi, kuantitas dan kualitas sumber daya manusia berpendidikan tinggi, kemampuan IPTEK dan inovasi untuk meningkatkan daya saing bangsa.

Isu Strategis Untirta

Perbaikan atmosfer akademik, melalui penelitian, penataan kampus yang nyaman; perluasan kesempatan belajar, peningkatan daya tampung, optimalisasi infrastruktur, jalur rekrutmen; peningkatan sistem manajemen pendidikan revolusi industri 4.0 yang efisien melalui sistem informasi efektif; peningkatan kualitas SDM.

Masalah Untirta Saat Ini

Efektivitas penyelenggaraan akademik: kuantitas dan kualitas penelitian berskala internasional, publikasi jurnal internasional bereputasi, kualitas dosen yang memiliki kepangkatan LK dan GB, sarana dan prasarana penunjang perkuliahan, rasio jumlah dosen dengan mahasiswa; value for money penyelenggaraan keuangan: penata usahaan bidang keuangan, perencanaan pendapatan dan belanja, pengawasan internal yang belum berjalan dengan baik; masih sedikit prodi yang terakreditasi A, ranking kinerja penelitian untirta masih dibawah 50 berdasarkan sinta, jumlah penerima Hibah di Simlitabmas dan institusi lainnya masih rendah.

Kekuatan Untirta saat ini

Komitmen pimpinan dan sivitas akademik yang tinggi untuk kemajuan untirta; akreditasi Institusi unggul (A); minat dan kepercayaan masyarakat terhadap untirta sangat tinggi; SDM yang berkualitas; lokasi yang strategis.

Peluang Untirta saat ini

Permintaan pendidikan tinggi berkualitas sangat tinggi; kerjasama dengan sektor public dan swasta masih sangat terbuka lebar; pengembangan kerjasama dengan jejaring perguruan tinggi internasional terbuka luas; dukungan pendanan dari DIKTI untuk go internasional sangat besar.

Ancaman Untirta saat ini

Perubahan yang sangat dinamis, menuntut pengelola yang visioner; globalisasi menuntut lulusan yang kompeten di bidangnya; kemajuan teknologi menuntut semua sivitas akademika menyesuaikan diri; persaingan dengan perguruan tinggi lain baik swasta maupun negeri semakin kompetitif.

Kelemahan Untirta Bidang pendidikan

Belum maksimal penggunaan IT dane-journal untuk menunjang proses penelitian dan pengabdian dikalangan sivitas akademik, yang mengakibatkan rendahnya publikasi internasional bereputasi; pemanfaatan hasil penelitian belum mengarah kepada publikasi jurnal internasional bereputasi dan HKI, budaya meneliti dan menulis masih rendah.

Kelemahan Untirta Bidang Kemahasiswaan

Ketersediaan sumberdaya pendukung masih kurang untuk bersaing pada tingkat nasional dan internasional; masih banyak mahasiswa yang selesai lebih dari 8 semester.

Kelemahan Untirta Bidang keuangan, sumber daya manusia sarana dan prasaraana: Masih perlunya penata kelolaan keuangan; rasio dosen dan mahasiswa masih belum optimal; masih belum tertata pengelolaan lahan yang optimal yang berpengaruh terhadap kenyamanan kampus.

Program pengembangan kelembagaan, organisasi dan keuangan

Penguatan tata kelola kelembagaan, organisasi dan keuangan; penguatan bidang keuangan dengan menerapkan skala prioritas penggunaan anggaran dan penerapan value for money; penyempurnaan organisasi dan manajemen yang lebih efektif dan efisien; peningkatan peran SPI; meningkatkan kualitas SDM tenaga kependidikan; peningkatan PNBP kerja sama, dana hibah dan pinjaman lunak; meningkatkan kenyamanan kampus dan keamanan kampus dengan menata area parkir, meningkatkan peran satpam dan perpakiran, rehabilitiasi masjid kampus; meningkatkan fungsi senat universitas dalam menetapkan kebijakan dan kontrol terhadap kinerja rektor; penggunaan sistem informasi yang terpadu.

Program Pendidikan

Meningkatkan kompetensi lulusan; memperluas promosi untuk menarik mahasiswa baru terutama pasca sarjana dan meningkatkan kualitas input mahasiswa; membuka jalur penerimaan mahasiswa berbasis bakat dan prestasi bagi para penghafal Al-Qur’an; memperbaiki sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran; penggunaan sistem informasi yang terpadu untuk proses pembelajaran termasuk e-learning untuk meningkatkan keterbatasan kapasitas ruang; mengikutsertakan mahasiswa dalam penelitian dan publikasi sehingga dapat memperpendek masa studi; meningkatkan integritas dosen dan karyawan untuk mendukung terciptanya proses pembelajaran yang kondusif; meningkatkan jumlah prodi terakreditasi unggul dan internasional.

Program Kepemimpinan

Peka terhadap permasalahan dan kebutuhan internal (dosen, karyawan dan mahasiswa) dan kebutuhan masyarakat; penerapan transformational leadership untuk menghadapi perubahan lingkungan yang semakin dinamis; penerapan lever of control, sebagai belief, boundary, diagnostic dan interactive.

Program Penelitian

Meningkatkan jumlah penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi ilmiah dosen yang berorientasi internasional; memanfaatkan produk IPTEK sebagai kegiatan aplikasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; membentuk tim yang memfasilitasi publikasi pada jurnal internasional; memberikan reward bagi dosen yang berhasil mempublikasikan karya ilmiahnya pada jurnal internasional bereputasi; mengembangkan sistem terpadu yang dapat menumbuhkan hubungan akademik dan industri melalui kolaborasi penelitian.

Program Kepegawaian dan Dosen

Meningkatkan kualifikasi dosen dan karyawan melalui pendidikan lanjut baik bergelar maupun non gelar; meningkatkan jumlah dosen bersertifikat kompetensi sesuai bidangnya; menerapkan pola rekrutmen pegawai berbasis kebutuhan; percepatan dosen untuk menjadi guru besar, peningkatan jumlah dosen dengan gelar doktor dan kepangkatan akademik profesor, publikasi internasional bereputasi, indekssitasi, jumlahhibah penelitian.

Program Kemahasiswaan dan Alumni

Meningkatkan peran alumni dalam membangun jejaring untuk memperpendek masa tunggu dalam memperoleh pekerjaan; memberikan penghargaan bagi mahasiswa yang berprestasi baik nasional maupun internasional; meningkatkan jumlah beasiswa bagi mahasiswa yang tidak mampu; prioritas bagi alumni yang berprestasi untuk menjadi dosen dan staf yang sesuai dengan kualifikasi.*

Prof. Dr. H. Tubagus Ismail, SE., MM. Ak, CA, GURU BESAR, Pembina Utama Muda (IV/C), Dosen Fakultas Ekonomi, Doktor Ilmu Ekonomi 2012, Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi (2003-2007), Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi (2007-2012).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here