Tuan Rumah City Sanitation Summit Ke-20, Pemkab Tangerang Siapkan Rangkaian Akkopsi

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar pimpin Rapat Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi). Rapat dilakukan membahas persiapan Kabupaten Tangerang menjadi tuan rumah City Sanitation Summit (CSS) XX tahun 2020.*

TANGERANG, (KB).- Dinilai sukses dalam program sanitasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang di tahun ini mendapat kehormatan menjadi tuan rumah event nasional City Sanitation Summit (CSS) ke-20. Kegiatan yang merupakan agenda tahunan Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi) ini rencananya akan dilaksanakan pada 13 Oktober 2020 mendatang.

“Nanti 13 Oktober kita didaulat sebagai tuan rumah CSS 2020. Sebagai tuan rumah City Sanitation Summit (CSS) XX tahun 2020, selain potensi daerah, kita akan mengenalkan program-program sanitasi di Kabupaten Tangerang,” ujar Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat memimpin rapat Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi), Senin (24/2/2020).

Menurut Zaki, pihaknya akan menyuguhkan dan mempromosikan program-program unggulan yang telah dicanangkan selama ini.

”Sanitasi pesantren, sanitasi sekolah, dan gebrak pakumis plus dan kurasaki yang terus secara konsisten dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Tangerang akan kita kenalkan,” ujar Zaki lagi.

Orang nomor satu di Kabupaten Tangerang ini berharap perhelatan akbar tahunan aliansi pemerintah daerah terbesar di Indonesia itu akan digelar di wilayah Gading Serpong Kecamatan Kelapa Dua.

”Lokasinya yaitu di DAS Cisadane dengan dimeriahkan oleh Tari Cukin khas Kabupaten Tangerang, Seni Karinding, Stand Up Comedy dengan bintang tamu Cak Lontong, air mancur menari, pesta kembang api dan parade kayak sungai,” tuturnya.

Zaki mengatakan, persoalan sanitasi sudah menjadi atensi bagi setiap kabupaten dan kota yang tergabung dalam Akkopsi, dan tidak serta merta berdiri sendiri.

”Ada infrastruktur yang disiapkan, baik saluran limbah, kemudian air limbahnya sendiri dan juga pengelolaan sampah. Sehingga isu-isu yang berkaitan dengan air minum, limbah dan persampahan jadi konsen bagi kabupaten kota yang ikut dalam CSS maupun Akkopsi,” tuturnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga akan bersamaan dengan Hari Jadi ke- 388 Kabupaten Tangerang.

Ketua Akkopsi Syarif Fasha menjelaskan ada sembilan agenda Akkopsi. Mulai dari lokakarya Sekda/Asda Akkopsi, Advokasi dan Horizontal Learning (AHL), City Sanitation Summit (CSS) XX, Akopsi Neregi, Smart Sanitation Award (SSA), audiensi presiden dan menteri, studi banding dan konferensi, sinergi kementerian dan narasumber dan peserta.

“Kita akan selenggarakan SCC ke-20 di Kabupaten Tangerang, sekaligus pemberian Smart Sanitation Award dan Expo Santiation 2020 se-Indonesia,” ucap pria yang juga menjabat Wali Kota Jambi ini.

Syarif menambahkan, City Sanitation Summit tahun ini mengusung tema “Inovasi dan Penguatan Kemitraan serta Pembiayaan untuk Sanitasi Inklusif menuju SDGs 2030”. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here