Rabu, 16 Januari 2019

Tsunami Selat Sunda, Pengungsi Kosongkan Perbukitan

PANDEGLANG, (KB).- Ratusan pengungsi korban bencana tsunami Selat Sunda yang tersebar di wilayah Carita, Sumur dan Cigeulis sudah mengosongkan perbukitan untuk kembali menempati rumahnya masing-masing.

Saat ini, mereka sudah beraktivitas seperti biasa menyusul dicabutnya masa tanggap darurat bencana oleh Bupati Pandeglang pada 5 Januari kemarin.

Sebelumnya, para pengungsi tersebut menempati bukit Taman Hutan Rakyat (Tahura) di Alam Pesanggerahan Carita dan Bukit Pasir Malang, Kecamatan Sumur. Namun setelah situasi aman, mereka mengosongkan bukit pengungsian untuk kembali ke rumah.

Sementara bagi korban tsunami yang rumahnya rusak terpaksa harus ikut tinggal di rumah saudara, sambil menunggu terealisasinya program hunian sementara dari pemerintah.

Salah seorang pengungsi asal Carita, Rohman, turun dari bukit pengungsian sehari setelah dicabutnya masa tanggap darurat oleh pemerintah daerah. Ia mengungsi di Tahura kurang lebih dua minggu dan sekarang sedang sibuk memperbaiki rumahnya yang rusak.

“Iya saya sudah pulang, yang lain juga sudah pulang dari Posko Pengungsian Tahura. Kalau lama-lama di bukit, gimana mau membereskan rumah yang acak-acakan dan yang lain juga sama sudah pulang menyusul situasi aman,” kata Rohman kepada Kabar Banten, Jumat (11/1/2019).

Sementara itu, Koordinator Posko Tahura Carita, Agus Suhendar mengatakan, sebanyak 1.200 pengungsi yang ada di Tahura ini sudah turun dari bukit ini. Mereka sudah kembali ke rumah masing-masing, karena masa tanggap bencana sudah selesai.

“Semuanya sudah kembali ke rumah masing-masing, ada yang kembali ke rumah saudara, ada juga yang membereskan rumahnya. Tetapi petugas di posko Tahura masih siaga, karena dalam cuaca buruk ini harus selalu siaga,” ujar Agus Suhendar.

Sementara itu, Camat Carita, Suntama mengatakan, saat ini situasi di Kecamatan Carita masih terpantau aman dan masyarakat sudah kembali beraktivitas seperti biasa.

“Saat ini situasi Carita masih aman dan kondusif dan sudah banyak warganya termasuk pengungsi korban tsunami sudah turun bukit untuk kembali ke rumah beraktivitas seperti biasa,” katanya. (Ade Taufik/EM)*


Sekilas Info

Toyota Rush Terperosok ke Jurang

PANDEGLANG, (KB).- Sebuah mobil Toyota Rush putih A 1286 KD mengalami kecelakaan tunggal terperosok ke jurang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *