Tsunami Selat Sunda, Bupati Lebak Sampaikan Duka Cita

LEBAK, (KB).- Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya menyampaikan rasa keprihatinan dan duka mendalam atas musibah yang menimpa korban tsunami selat sunda yang melanda Kabupaten Pandeglang, Serang serta Lampung.

”Atas nama pemerintah daerah dan warga Lebak, saya menyampaikan turut berbela sungkawa. Semoga korban dapat segera ditemukan dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Alhamdulillah musibah yang menimpa saudara-saudara kita tidak berdampak terhadap Pantai Sawarna. Insya Allah yang berwisata ke sini tetap aman,” kata Bupati Iti Octavia Jayabaya saat menghadiri Sawarna Best Festival 2018, Ahad (23/12/2018).

Bupati juga mengimbau masyarakat yang sedang melaksanakan liburan di Pantai Sawarna untuk tetap tenang namun tetap waspada karena iklim dan cuaca tak bisa diprediksi. ”Saya juga meminta pada masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Lebak tidak menyebarkan berita-berita yang tidak akurat atau hoax yang dapat meresahkan,” ujar bupati.

Sementara itu Komandan Tanggap Darurat BPBD Lebak, Budi Santoso menyatakan, berdasarkan pantauan dan laporan setiap relawan di wilayah Lebak Selatan, warga sekitar masih dalam keadaan kondusif.

”Posisi Pantai Anyer dan Lebak Selatan saling bertolak belakang. Namun kami berkewajiban untuk menyampaikan imbauan pada wisatawan untuk tetap waspada. Untuk memberikan kenyamanan, BPBD dan Balawista sudah bersiaga disejumlah lokasi wisata pantai sebagai antisipasi atas kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Budi yang juga menjabat sebagai Asda II Pemkab Lebak itu.

Pantai Brighton Australia

Sementara itu di hadapan masyarakat dan wisatawan yang menghadiri acara Sawarna Best Festival Bupati Iti menyatakan, Pemkab Lebak akan terus mendorong perkembangan destinasi wisata Pantai Sawarna Kabupaten Lebak, melalui rencana pembangunan salah satu destinasi wisata unggulan di Provinsi Banten akan seperti Pantai Brighton di Australia.

”Kami dalam hal ini pemerintah dengan instansi terkait sangat support dan serius dalam mengembangkan pariwisata di Sawarna agar ke depan Sawarna berkembang ke arah yang lebih baik dan maju lagi,” ucap Iti Octavia Jayabaya.

Menurut Iti, dengan total anggaran yang ada sebesar Rp 4 miliar untuk pembangunan diharapkan pembangunannya dapat seperti di Pantai Brighton Australia namun dengan tetap menjaga kearifan lokal. ”Tentu saja dengan tidak meninggalkan kearifan lokal yang ada, serta budaya masyarakat yang telah terjaga selama ini,” tuturnya.

Iti berharap masyarakat turut berpartisipasi dalam meningkatkan pariwisata di Sawarna dengan menjaga fasilitas yang ada, ikut mempromosikan dan tidak membangkang jika ditertibkan. ”Karena semua itu kami lakukan untuk kemajuan bersama. Dan sepenuhnya untuk kepentingan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Dalam kunjungannya, Bupati Lebak Iti Octavia meresmikan Masjid Nurul Barokah di kawasan wisata Pantai Sawarna dan menyerahkan fasilitas keamanan seperti mobil ATV, megaphone dan warning system. (DH/Lugay)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here