Trotoar Ahmad Yani Kota Serang Mulai Dipercantik

PENAMPILAN trotoar di Jalan Ahmad Yani Kota Serang bikin pangling. Setelah keramik trotoar diganti dengan lantai beton warna merah, kini trotoar tersebut mulai ditata dengan menempatkan bangku taman dan lampu hias.
Pantauan Kabar Banten, Selasa (2/10/2018), di beberapa titik sudah terpasang lampu hias yang ditata berjajar di sisi trotoar, lengkap dengan bangku-bangku taman.

Keberadaan lampu hias dan bangku taman tersebut mendapat tanggapan positif dari warga. Kondisi trotoar yang terang membuat warga tidak merasa khawatir adanya tindak kriminal. Hal tersebut diungkapkan warga Sumur Pecung, Wilda. Menurutnya, tampilan trotoar tersebut cukup bagus saat ini. “Nambah bagus dan sedikit rapi aja keliatannya sekarang kalau ada lampu. Jadi engga terlalu serem aja,” kata mahasiswa salah satu kampus di Kota Serang ini.

Menurutnya, saat ini Kota Serang sudah tampak lebih tertata dengan adanya sarana tersebut. Bahkan, ia bersama teman-temannya menjadikan trotoar tersebut sebagai spot foto. Meski begitu, menurutnya masih ada beberapa kekurangan trotoar tersebut, salah satunya banyak tegel untuk penyandang tuna netra yang masih belum terpasang. “Tapi sayang trotoarnya belum terlalu rapi juga. Di tengahnya itu masih berlubang jadi banyak yang buang sampah di situ. Harusnya jangan setengah-setengah juga,” ujarnya.

Warga lainnya, Lina mengatakan, adanya kursi taman dan lampu jalan di Kota Serang terlihat semakin bagus. Sehingga kesan kumuh saat ini sedikit demi sedikit mulai hilang di Kota Serang. “Sekarang udah mulai bagus. Biasanya lampu mati, sampah di mana-mana. Bak sampah hancur. Trotoarnya banyak yang hancur juga, kalau sekarang keliatannya lebih enak dilihatnya,” ucapnya.

Ia berharap masyarakat dapat ikut menjaga dan merawat sarana yang diberikan pemerintah. Tak hanya itu, pemerintah pun tidak lepas tanggung jawab ketika semua sarana sudah lengkap, dengan melakukan perawatan. “Jangan kayak bak sampah baru. Sudah banyak yang rusak karena minim perawatan. Ke depan harus lebih proaktif lagi dalam memelihara sarana yang ada,” ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang, Akhmad Mujimi menjelaskan, penerangan jalan umum merupakan tugas Dishub Kota Serang, di mana pemasangan lampu-lampu tersebut sebetulnya adalah pekerjaan lama yang sempat tertunda. Sebab terkendala oleh alat untuk memasang lampu-lampu jalan tersebut. “Jumlahnya saya kurang tahu pasti ya. Kami nanti fokuskan juga di Alun-alun Kota Serang, jalan protokol dan kalau masih ada bahan nanti kami pasang juga di stadion,” katanya.

Dia mengatakan, pemasangan dilakukan di area yang dianggap gelap atau minim lampu penerangan jalan. Selain menambahkan lampu-lampu baru, pihaknya juga melakukan perawatan pada lampu-lampu lama yang telah mati. “Kami melakukan perawatannya, jadi kalau sudah ada yang mati kami betulkan. Hanya saja saat ini kami kesulitan alat, pemasangan juga sengaja dilakukan pada malam hari,” tuturnya. (Tresna Mulyana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here