Triwulan I 2019, 552 TKA Masuk Kabupaten Serang

SERANG, (KB).- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang mencatat terdapat 552 tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di Kabupaten Serang. Jumlah tersebut terhitung sejak Januari sampai Maret atau triwulan I 2019.

“Tahun ini di triwulan I sudah lumayan banyak TKA yang masuk ke kabupaten. Jumlahnya ada 552 TKA,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) Disnakertrans Kabupaten Serang Ugun Gurmilang kepada Kabar Banten, Kamis (18/4/2019).

Ia mengatakan, ratusan TKA tersebut, paling banyak berasal dari Tiongkok. Sementara, sisanya berasal dari negara Jepang dan Korea. TKA yang datang ke Kabupaten Serang mayoritas bekerja di perusahaan yang ada di Serang Barat maupun Timur.

“Banyak dari Cina yang bekerja di perusahaan. Biasanya juga selalu ada pengawasan dari provinsi untuk kedatangan TKA ini,” ujarnya.

Sementara, pada 2018, dia menjelaskan, terdapat 2.610 TKA yang datang ke Kabupaten Serang sebagai pekerja. Rata-rata berasal dari Tiongkok. “Kalau tahun kemarin juga sama berasal dari negara Cina,” ucapnya.

Ia mengatakan, dari jumlah TKA yang datang ke Kabupaten Serang diharapkan dapat diawasi lebih ketat oleh provinsi khususnya di bidang pengawasan. Hal tersebut, juga berkaitan dengan pemungutan retribusi daerah terkait TKA.

Sebab, sejak berlakunya UUD Nomor 23 Tahun 2014 serta Pergub, Disnakertrans Kabupaten Serang tidak lagi memungut retribusi izin mempekerjakan tenaga kerja asing (IMTA).

“IMTA sudah tidak memungut lagi, sekarang satu pintu. Sudah sistem online, segala sesuatu yang menyangkut perizinan sudah ada di DPMPTSP,” tuturnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here